TRAVEL
2018-01-03 18:32:00

Rafting Gratis di Sungai Jangkuk

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Untuk mengawali keceriaan awal tahun 2018, pemerintah Mataram, Nusa Tenggara Barat, menawarkan paket liburan mengarungi Sungai Jangkuk secara gratis. Pasalnya, objek wisata arung jeram atau rafting di sungai Jangkuk baru saja dirilis. Berpacu adrenalin dirasa cukup menantang untuk mengisi akhir pekan di awal Januari ini.

Kegiatan arung jeram ini terbuka bagi seluruh masyarakat Mataram maupun wisatawan. Pemerintah juga telah menyediakan fasilitas berupa 10 perahu karet, rompi, topi dan dayung.

Mohan Roliskana selaku Wakil Wali Kota Mataram mengatakan, "Kegiatan arung jeram ini bukan hanya menjadi sarana tempat wisata baru melainkan edukasi pada masyarakat sekitar agar menjaga kebersihan sungai."

Sekitar pukul 8 pagi, para wisatawan mulai berkumpul untuk mengarungi derasnya Sungai Jangkuk. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan, mulai dari kawasan Sayang-Sayang dan berakhir di Monjok.

Masing-masing perahu ditemani oleh satu instruktur. Melalui kegiatan arung jeram, pemerintah ingin mengubah wajah Sungai Jangkuk yang tadinya kotor menjadi bersih.

"Kami terus mendampingi pemerintah dalam sosialisasi kebersihan Sungai Jangkuk pada masyarakat. Bahkan, sekitar Rp 180 juta telah disediakan untuk alokasi pembenahan dan penataan Sungai Jangkuk," ungkap Irwan Rahadi selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mataram, NTB.

Harapan besar tentu ditaruhkan untuk pemanfaatan sungai yang lebih baik. Sungai bukan tempat sampah, oleh sebab itu pantaslah berbenah diri untuk tidak lagi lempar sampah ke sungai.

RECOMMENDED FOR YOU