TRAVEL
2017-08-23 17:30:00

Memburu Secercah Cahaya Surga di Gua Jomblang, Yogyakarta

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Serupa tirai cahaya, seberkas sinar yang menerobos masuk dari langit-langit menerangi Gua Jomblang yang gelap gulita. Fenomena alam yang disebut Cahaya Surga ini menjadi incaran para pemburu adrenalin. Bahkan menjadikan gua yang terletak di Gunung Kidul Yogyakarta ini, sebagai tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada 2011.

Cahaya Surga tercipta secara alami karena adanya sungai bawah tanah sepanjang 25 km di dasar gua. Sungai tersebut memiliki jeram hingga partikel airnya terangkat ke udara dan membentur cahaya lalu membentuk Ray of Light

Untuk menyaksikan keunikan ini, kamu harus menuruni Gua Jomblang menggunakan peralatan khusus dengan teknik Single Rope Technic (SRT) didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman. Sesampainya di dasar Gua Jomblang, kamu akan disambut oleh hutan purba yang ditumbuhi aneka lumut, paku-pakuan, semak belukar dan pepohonan besar.  

Dari titik ini, perjalanan dilanjutkan menuju Gua Grubug dengan menjelajahi lorong sepanjang 300 meter. Semakin jauh berjalan, cahaya semakin sirna tetapi dengan bantuan senter, kita bisa melihat aneka ornamen cantik berupa batu kristal, stalaktit dan stalakmit yang menghiasi lorong. Tak lama kemudian akan terdengar gemuruh aliran sungai dan seberkas cahaya terang di tengah kegelapan.

Baca Juga :

Menelusuri Gua Warna-Warni di Pacitan

Telusuri Kemegahan Merapi 

Bak lukisan alam, kilau cahaya yang menerobos masuk ke perut gua dari lubang setinggi 100 meter akan menyambut kamu sesampainya di dasar Gua Grubug. Kegelapan yang dilatari suara gemericik air sungai membuat sorotan cahaya tersebut tampak seperti turun dari surga. Waktu terbaik untuk melihatnya berkisar pukul 10.00 - 12.00 sebab pada saat itu matahari berada di atas kepala sehingga terciptalah pilar kirana yang sangat indah. 

Keelokan gua ini telah membius banyak wisatawan hingga gaungnya terdengar sampai ke mancanegara. Nah, sekarang giliran kamu nih untuk mengunjunginya.

RECOMMENDED FOR YOU