TRAVEL
Trinity (foto: instagram.com/trinitytraveler)
2018-01-03 19:31:00

Menurut Trinity, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Penulis Perjalanan

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Sahabat Saliha pasti suka dong yang namanya liburan. Biasanya untuk mengabadikan momen pada saat traveling, kita memotret berbagai macam hal, terutama foto-foto selfie. Ya kan? Tapi beberapa orang juga suka menuangkan cerita perjalanannya dalam bentuk tulisan. Apalagi sejak maraknya travel blogger di dunia maya. 

Namun menurut penulis buku Naked Traveler, banyak sekali penulis perjalanan yang menceritakan pengalamannya kurang personal. 

"Memang sekarang banyak penulis perjalanan, ya. Sayangnya saat ini banyak penulis perjalanan yang menulisnya nggak secara personal. Sedangkan travel itu kan personal. Jadi saat kita baca, sama aja kayak kita baca wikipedia, karena tidak ada added value. Padahal itu yang paling penting," ujar Trinity saat ditemui pada peluncuran buku Sikka Underwater, Desember 2017 lalu. 

Nah, untuk menulis perjalanan dengan pendekatan personal, Trinity menyarankan kita untuk melakukan 3 hal antara lain banyak jalan-jalan, observasi dan berlatih menulis.

Banyak jalan-jalan

Jalan-jalan di sini bukan jalan-jalan sembarangan lo. Maksudnya traveling with purpose atau jalan-jalan dengan tujuan tertentu. Jadi sebelum memilih destinasi, pastikan dulu apa alasan tempat tersebut dipilih dan apa misi yang akan dilakukan. Misalnya Song Go Kong dan kawan-kawan, yang menuju barat hendak mencari kitab suci. Nah, kali ini buatlah versimu sendiri. 

Banyak Observasi 

Observasi bisa meliputi manusia, benda atau apa saja yang ada di sekeliling kita. Observasi manusia lebih mudah dilakukan jika kita menguasai bahasa lokal. Jadi ketika traveling, jangan segan untuk menyapa atau berbincang-bincang dengan penduduk sekitar. Dari sini biasanya akan muncul sebuah perspektif baru yang akan membuat ceritamu semakin menarik.

Latihan Menulis

Semakin sering kita menulis tentunya kemampuan menulis kita lambat laun akan terus meningkat. Untuk itu ada baiknya kita membiasakan diri untuk berlatih menulis setiap hari. Jika sudah menjadi hobi, maka menulis bisa dilakukan dengan senang tanpa beban. 

Nah, kini saatnya mempraktekkan tips di atas. Jika terus diasah, siapa tahu tulisan tersebut nantinya bisa diterbitkan dalam sebuah buku. Cool kan!

RECOMMENDED FOR YOU