TRAVEL
Negara aman untuk muslimah yang ingin solo traveling
2018-02-09 20:11:00

9 Destinasi Negara Aman untuk Muslimah yang Solo Traveling

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Keindahan dari solo traveling adalah kemampuan untuk membaurkan diri sendiri dalam sebuah lingkungan dan menemukan momen-momen yang menghubungkan sahabat Saliha dengan teman-teman dari berbagai negara.

Namun sebagai seorang perempuan, menjelajah dunia sendiri adalah sebuah tantang besar karena kemungkinan terburuk yang dapat terjadi, seperti kekerasan dan tindak kriminal yang menyasar pada perempuan yang sendiri, terutama di wilayah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Meski ada banyak kota dan negara yang ingin dikunjungi, berada di lokasi yang aman dapat membuatmu bebas dari rasa khawatir dan menikmati perjalanan. Tempat dengan transportasi yang mudah, budaya yang ramah, serta banyaknya akomodasi tersedia yang mudah diakses, adalah destinasi ideal untuk perempuan yang ingin solo traveling. Melansir dari Have Halal Will Travel, ini negara yang aman untuk melakukannya.

1. Iran

Negara dengan mayoritas penduduk muslim ini memiliki banyak masjid yang menawan, di antaranya Nasir al-Mulk Mosque, Vakil Mosque, dan Jameh Mosque. Negara ini pun terkena dengan peraturan ruang khusus wanita pada transportasi publik seperti kereta dan bis, menjadikannya sebagai destinasi yang ramah untuk perempuan!

Selain itu, jangan lupakan sajian Persia yang lezat nan halal!

2. Yordania

Negara ini telah menjamu para wisatawannya dengan keindahan sedari mendarat di bandaranya, Queen Alia Airport. Penginapannya pun tersedia dengan harga yang ramah kantong dan dikelola oleh keluarga, seperti Antika Amman Hotel di area Old Town. Perjalanan di sana juga mudah diatur, bahkan tersedia untuk perempuan saja, sehingga memberi kenyamanan bagi sahabat Saliha yang jalan-jalan sendiri. Jangan lupa mengunjungi reruntuhan kuno Petra, mencoba mengambang di Laut Mati, atau melintasi padang pasir Wadi Rum.

3. Inggris

Dengan lingkungan sosial yang relatif aman, infrastruktur modern, dan transportasi publik yang mudah diakses, Inggris menjadi destinasi terbaik untuk traveling sendiri. Komunitas muslimnya pun terkenal besar dan kuat di beberapa kota besar, seperti London, Manchester, dan Birmingham.

Di kota London pula, tersedia akomodasi khusus untuk perempuan, salah satu di antaranya adalah London Bridge Hostel. Tertarik ke negeri Big Ben ini?

4. Jerman

Sahabat Saliha tidak akan berhenti menjelajah ketika mengunjungi Jerman. Singgah di masjid lokal seperti Sehitlik Moschee atau yang dikenal sebagai Berlin Mosque, atau Cologne Central Mosque di Cologne dan berinteraksi dengan masyarakat Muslim di sana.

Menduduki posisi ketiga dalam Travel & Tourism Competitiveness Index tahun 2017, negara ini menjadi destinasi terbaik untuk para perempuan yang ingin memulai perjalanan di benua Eropa.

5. Islandia

Memenangkan gelar "Most Peaceful Country in the World" sejak tahun 2008 berdasarkan Global Peace Index 2017, kamu akan mendapatkan pengalaman perjalanan yang menawan di Islandia.

Mulai dari makanan halal yang tersedia di kota Reykjavik, bertemu dengan komunitas Muslim di Islamic Cultural Center of Iceland, menjelajahi kota dengan bis Straeto, berendam di pemandian air panas alam, bermain di air terjun, mendaki bukit, sampai menelusuri tepi pantai pasir hitam.

Sahabat Saliha tidak akan kehabisan tempat wisata!

6. Jepang

Jepang sangat mendedikasikan negerinya untuk menerima turis Muslim dari seluruh dunia. Negara itu bahkan memiliki Welcome Guide for Muslim Visitors resmi di situs pariwisatanya. Saat berkunjung kesana, kamu akan menemui restoran maupun booth makanan halal dengan mudah.

Meski berbeda bahasa, warga Negeri Sakura ini dengan senang hati membantu para turis untuk menemukan arah destinasinya. Jadi, perempuan yang solo travel tidak perlu takut tersesat. Adanya sistem transportasi yang menjangkau seluruh area semakin memudahkanmu untuk berwisata di sini.

Kalau ingin menginap di tempat khusus perempuan, cek akomodasi seperti Nadeshiko Hotel Shibuya.

7. Afrika Selatan

Penggemar acara National Geographic pasti bercita-cita untuk mengunjungi savanah Afrika di Afrika Selatan. Jangan menahan diri! Sebab, negara di benua Afrika ini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi destinasi ramah muslim. Meski terkesan kurang aman untuk solo traveler, kamu dapat menjelajah dalam paket tur grup yang tersedia di negara itu. Bahkan, ada juga yang khusus untuk perempuan.

Dengan populasi penduduk Muslim sebanyak 800,000 orang, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat ibadah dan restoran halal.

8. Korea Selatan

Sepertinya sudah tidak asing lagi kalau Korea Selatan adalah destinasi yang ramah muslim, dan cocok untuk pecinta K-Drama. Negara Ginseng juga sangat ramah untuk perempuan yang solo traveling.

Ada banyak penginapan ramah wanita yang tersedia, dan dekat dengan transportasi publik, salah satunya adalah SS Guest House. Sudah pernah mengunjungi negara ini dan mencoba Hanbok-nya?

9. Bosnia & Herzegovina

Penasaran dengan Balkan dan Eropa Timur? Maka Bosnia & Herzegovina adalah destinasi yang tepat untukmu. Untuk perempuan yang solo traveling, ada penginapan khusus wanita yang tersedia seperti Tower Hostel. Dari situ, kamu bisa naik taksi atau bis untuk mencapai kota besar seperti Sarajevo atau Mostar. Kemudian, singgahi masjid lokal untuk menunaikan ibadah, seperti di Gazi Husrev-beg Mosque.

Bagaimana dengan kulinernya? Sahabat Saliha harus mencoba makanan tradisional mereka seperti Klepe, sajian pasta di Pod Lipom, atau makanan pencuci mulut yang terbuat dari apel dan walnut bernama tufahije.

Kalau tidak ingin ke luar negeri? Indonesia menjadi negara yang ramah untuk perempuan solo traveler, lo! Dari Sabang sampai Merauke, sahabat Saliha akan memiliki perjalanan menyenangkan yang dapat menjadi pengalaman berharga.

Pada tanggal 29 April 2018 mendatang, Saliha akan menyelenggarakan event berlari Hijaberlari 29 April 2018. Sahabat dapat mengikuti lomba lari 5K, 10K atau family fun run. Untuk informasi dan pertanyaan silakan hubungi Zahra di 0812 8002 7171 atau hijaberlari@saliha.id.

 
RECOMMENDED FOR YOU