TRAVEL
Manfaat kesehatan dari liburan
2018-03-02 17:37:00

Segera Pesan Tiket! 5 Manfaat Kesehatan yang Kamu Dapat Saat Travelling

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Jalan-jalan atau liburan sering diidentikkan dengan kemewahan atau kesenangan semata. Orang yang melakukannya, hanya ingin berlibur atau memanjakan diri. Padahal, mengutip dari Elite Daily, travelling memiliki manfaat baik untuk kesehatanmu, lo! Bagaimana caranya?

1. Meredakan stres

Untuk melepas semua beban pikiran yang selama ini memberatkan bahu, kamu perlu mengasingkan diri dengan pergi ke tempat lain. Penelitian yang dilakukan oleh The American Psychological Association menemukan kalau travelling menyembuhkan kemampuan manusia dalam mengelola stres dengan menghilangka sumber kecemasan dan emosi yang mengganggu.

2. Menjaga jantung tetap sehat

Berdasarkan penelitian jangka panjang yang dikenal dengan nama The Framingham Heart Study menemukan, perempuan yang sering meluangkan waktu untuk liburan tiap enam tahun sekali memiliki risiko gangguan kesehatan hati yang lebih rendah. Jadi, sudah pesan tiket, belum?

3. Menambah sisi kreativitas

Merasa sulit mengeluarkan ide-ide menarik untuk pekerjaan? Itu menjadi pertanda kamu butuh liburan! Pengalaman baru yang kamu dapatkan saat jalan-jalan, baik itu teman atau budaya baru, menjadi cara terbaik untuk membangunkan kembali kreativitasmu.

4. Menjadikanmu sosok yang lebih baik

Yup, jalan-jalan aka menumbuhkan rasa empati, membuka pkiran, dan melebarkan pandanganmu terhadap dunia. Bahkan, survei yang dilakukan salah satu situs perjalanan menemukan kalau travelling membuat seseorang menjadi lebih toleransi, memercayai, dan menerima orang lain.

5. Membuatmu terhubung dengan orang lain

Dr. Thomas Gilovich, profesor psikolog di Cornell University menemukan kalau orang-orang yang lebih sering menghabiskan uang untuk liburan atau jalan-jalan umumnya lebih bahagia dan terhubung dengan orang lain, dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan materinya untuk membeli barang.

Jadi, bagaimana? Jangan menunda waktu untuk liburan, sahabat Saliha. Kamu akan merasa lebih sehat setelah travelling!

RECOMMENDED FOR YOU