TRAVEL
Penawaran penggunaan travel insurance untuk perjalanan yang lebih nyaman
2017-09-14 16:40:00

Travel Insurance untuk Liburan, Perlukah?

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Saat merencanakan traveling, biasanya kita lebih fokus memerhatikan detail akomodasi perjalanan yang akan dilakukan. Mulai dari waktu keberangkatan dan kembali pulang, jenis transportasi yang akan digunakan beserta kelasnya, daerah atau negara tujuan, hingga jumlah biaya yang dikeluarkan termasuk pajak. Lalu muncul penawaran asuransi perjalanan, ambil atau tidak?

Apa itu asuransi perjalanan? Ini adalah layanan asuransi untuk melindungi biaya pengobatan, pembatalan perjalanan, barang bawaan yang hilang, kecelakaan pesawat dan lainnya yang terjadi selama traveling, baik domestik maupun internasional. Biasanya, penawaran penggunaan jasa ini dilakukan oleh agen travel tempat mem-booking tiket, atau perusahaan transportasi yang digunakan. Sahabat Saliha juga dapat menemukan layanan ini dari perusahaan asuransi umum besar.

BACA JUGA: 

Tips Menghemat Uang Saat Traveling

Traveling Aman Tanpa Khawatir Biaya Internet Melonjak, Ini Tipsnya

Lalu, perlukah menggunakan asuransi selama traveling? Christoper Elliot, seorang advokat konsumen dan penulis buku 'The World's Smartest Traveler', membagikan sedikit tips dalam menentukan pengambilan layanan ini. 

Kita dapat mengambil asuransi perjalanan ketika: liburan menghabiskan biaya akomodasi lebih dari 50 juta, mengambil paket liburan, membawa banyak barang bawaan yang tidak bisa ditinggalkan, atau baru memulai petualangan sebagai traveler dan merasa membutuhkan sedikit 'perlindungan'.

Penawaran jasa tambahan ini dapat di-skip jika: liburan berjalan singkat dan masih dalam area domestik, tidak menghabiskan biaya perjalanan yang besar, biaya medis yang sewaktu-waktu diperlukan sudah ditanggung kartu kredit atau asuransi lainnya, dan jika merasa nyaman melakukan perjalanan tanpa membutuhkan asuransi. 

Perlu diingat, masing-masing penyedia asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan pada layanan mereka, termasuk biaya asuransi yang harus dibayarkan. Traveler bisa menghubungi pihak yang menawarkan jasa ini, atau mendatangi langsung perusahaan penyedia.

Jadi, perlukah menggunakan asuransi perjalanan? Sesuaikan dengan kebutuhan sahabat Saliha, ya!

RECOMMENDED FOR YOU