TRAVEL
2017-10-10 10:00:00

Menelisik Keindahan Pulau Jeju

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Bukan hanya popuer karena deretan drama yang menguras tawa serta air mata. Korea Selatan juga menawarkan berbagai destinasi unik dan menarik. Datang ke Korea Selatan belum lengkap rasanya jika tidak singgah ke Pulau Jeju. 

Dalam beberapa serial drama Korea, Pulau Jeju identik dengan keindahan dan ketenangannya. Pulau yang terletak di Barat Daya dari semenanjung Korea ini merupakan provinsi yang memiliki sistem pemerintahan sendiri. Luasnya sekitar 1825 kilo meter persegi dengan panjang garis pantai 253 kilo meter. Jeju termasuk salah satu pulau yang beriklim variasi, mulai dari tropis sampai subtropis. 

Batu Oeldogae, salah satu atraksi menarik di pulau Jeju yang pernah menjadi tempat syuting drama Daejanggeum (2003)

Pada musim dingin suhunya bisa mencapai 4,7 derajat celcius dan rata-rata suhu pertahunnya sekitar 14,6 derajat celcius. Kebayang kan bagaimana teduhnya Pulau Jeju. Kebanyakan karyawan yang telah usai masa tugasnya lebih memilih Jeju sebagai tempat tinggal, udara bersih dan segar menjadi alasan utamanya. 

BACA JUGA:

Korea Selatan hadirkan deretan wisata kuliner halal

5 Jajanan street food yang seru di Korea Selatan 

Selain itu, Jeju memiliki 368 gunung api parasit yang berukuran kecil dan besar. Serta 160 gua gunung berapi bawah tanah yang tersebar di seluruh Pulau Jeju. Makanya enggak heran, bila Jeju menjadi penghasil vulkanik terbesar di Korea. Hasil bumi yang satu ini pun menjadi ladang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

Kekayaan khas Jeju berupa batu vulkanik hitam yang menjadi pondasi pagar bahkan dinding beberapa rumah di Jeju. Pasalnya, bebatuan hitam vulkanik Jeju memiliki ketahan dan kekokohan yang sangat bagus. 

Seongeup Folk Village, kampung tradisional penduduk Jeju

Pulau yang pernah menyabet penghargaan UNESCO pada 2002 sebagai Cagar Biosfer dan Warisan Alam Budaya ini juga dianggap unik karena memiliki banyak Oreum meski berada di laha yang sempit. 

Hembusan angin di Jeju terbilang cukup besar. Masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai pembangkit listrik tenaga angin. Pemandangan Jeju yang indah semakin cantik dengan deretan baling-baling pembangkit listrik tenaga angin. 

Bukan hanya deretan artis K-Pop yang memiliki wajah cantik dan kulit mulus. Pulau Jeju juga di dominasi perempuan-perempuan berparas cantik. Di sini, kebanyakan perempuan memilih untuk hidup sebagai pekerja. Biasanya perempuan yang akrab disapa Haenyeo ini bekerja sebagai nelayan laut mencari kerang. Sekitar 400 Haenyeo mencari kerang laut mulai pagi sampai siang. Hal ini tentu menjadi salah satu pemandangan menarik bagi wisatawan.

Gimana semakin enggak sabar kan untuk menginjakkan kaki di Pulau Jeju?

RECOMMENDED FOR YOU