TRAVEL
2017-03-09 13:26:00

Masjid Agung Hohhot, Saksi Perkembangan Islam di Mongolia

BY INDAH WIDIASTUTI

SALIHA - Tempat suci ini tidak sekedar menjadi tempat melaksanakan ritual peribadatan namun masjid Hohhot memikul peran penting dalam memperluas ajaran Islam di Negeri Genghis Khan. Daya tarik masjid yang sudah berdiri sejak 1644 ini,  tidak hanya mengundang muda-mudi saja, namun para lansia pun ikut semangat menimba ilmu di masjid yang memiliki arsitektur perpaduan Arab dan Tiongkok ini. 

Ada sekitar lima puluh santri yang berasal dari berbagai provinsi di Tiongkok menimba ilmu dan tinggal di masjid. Menurut penuturan imam masjid Ma Jin Fa, para santri akan mempelajari tentang sejarah dan perkembangan Islam di Tiongkok, Al Quran, sholat berjamaah, program bahasa Arab serta pelajaran lainnya. Mereka percaya akan janji Allah yang tertulis dalam surat Al Mujadalah ayat 11 : 

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah. Niscaya Allah SWT akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, berdirilah kamu, maka berdirilah. Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah SWT Maha Teliti dengan apa yang kamu kerjakan"

(Al Mujadalah : 11)

 

 

RECOMMENDED FOR YOU