TRAVEL
2017-08-24 19:15:00

Mengagumi Pendar Pelangi di Masjid Nasir Al Mulk, Iran

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Semburat sinar di ufuk timur yang terpantul menembus warna-warni kaca patri, menghadirkan keindahan laksana pelangi. Pendar cahaya yang sangat memukau ini menjadikan Masjid Nasir Al Mulk yang terletak di Shiraz, Iran dijuluki sebagai Pink Mosque

Memasuki ruangan dimana refleksi sang pelangi jatuh terhampar di atas permadani Persia, akan membuat bibir tak henti-hentinya berzikir memuja keagungan Allah Yang Maha Mulia. Bagaikan darwis yang menari, semua elemen dari masjid yang dibangun pada 1876 ini berpadu menunjukkan kemegahan arsitektur khas Timur Tengah. 

Baca Juga :

Kilau Gemerlap Masjid Shah Cheragh di Shiraz Iran 

Misteri Makam Ali bin Abi Thalib di Masjid Mazar-i-Sharif, Afganistan

Langit-langitnya berbentuk kubah dengan cekungan bernama Panj Kaseh-i yang berarti lima cekungan sebagai simbol rukun Islam. Dihiasi pula dengan mozaik keramik dengan corak geometris yang rumit. Sedangkan dindingnya berhiaskan kaligrafi dan dilapisi ubin dengan ornamen mawar berwarna merah muda yang cantik bagaikan taman surga. 

Sekarang tempat ibadah yang dirancang oleh Arsitek Muhammad Hasan Al-Mimar dan Muhammad Reza Kashi Paz Al-Shirazi ini, masih digunakan di bawah perlindungan Yayasan Wakaf Nasir Al Mulk.

Penasaran keindahan masjid ini? Yuk klik video singkatnya.

RECOMMENDED FOR YOU