TRAVEL
2017-08-24 08:00:00

Kilau Gemerlap Masjid Shah Cheragh di Shiraz Iran

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Kilauan cahaya bak gemerlap bintang di langit akan menyambut siapa saja yang memasuki Masjid Shah Cheragh di kota Shiraz, Iran. Dijuluki “King of the light” yang berarti Raja Cahaya, interior masjid ini dihiasi oleh mozaik pecahan kaca yang memantulkan sinar dari segala arah layaknya intan berlian. 

Melangkahkan kaki ke tempat ibadah yang juga dikenal sebagai Masjid Emerald ini akan membuatmu serasa di negeri dongeng. Jutaan kristal hijau tersebar di dinding hingga langit-langit, membiaskan pendar cahaya bak aurora borealis. Ayat-ayat Al Qur’an yang terpatri di atas kertas sutra, menjadi hiasan di dinding masjid yang dibangun sejak 1100 masehi.

Baca Juga :

Mengagumi Pendar Pelangi di Masjid Nasir Al Mulk, Iran

Misteri Makam Ali bin Abi Thalib di Masjid Mazar-i-Sharif, Afganistan

Meskipun memiliki keindahan yang memukau, masjid ini ternyata mempunyai sejarah yang kelam. Bangunan ini awalnya merupakan masjid sederhana yang menjadi tujuan ziarah makam Amir Ahmad dan Mir Muhammad, dua saudara yang dibunuh oleh khalifah dinasti Abbasiyah selama konflik Sunni-Syiah. Kemudian Ratu Tashi Khatun memerintahkan untuk menutup makam tersebut dengan jutaan potongan kaca dan ubin berwarna-warni. 

Kini, Masjid Shah Cheragh menjadi destinasi wisata religi populer yang dikunjungi wisatawan dan peziarah dari seluruh dunia. Nah, buat kamu yang penasaran dengan kemegahan masjid ini, yuk tonton videonya.

RECOMMENDED FOR YOU