TRAVEL
2017-08-28 15:21:00

Misteri makam Ali bin Abi Thalib di Masjid Mazar-i-Sharif, Afghanistan

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Legenda sepertinya tak pernah lepas dari sebuah bangunan ataupun tempat suci pemeluk agama tertentu. Demikian halnya dengan legenda yang dipercaya oleh masyarakat Afganistan tentang Masjid Mazar-i-Sharif. Tempat ibadah yang dikenal dengan nama Blue Mosque ini dipercaya berdiri di atas makam Ali bin Abi Talib (AS) sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW.

Konon, seorang Mullah (gelar dalam bahasa persia untuk ulama) bermimpi bahwa tulang belulang Ali bin Abi Talib (AS) dikuburkan di sisi barat laut Afghanistan. Lantas ia pun menceritakan mimpinya pada Ahmad Sanjar, sultan dari Kerajaan Seljuq, yang kemudian membangun sebuah tempat keramat untuk melindungi situs tersebut. Tak hanya itu, sang sultan juga membuat sebuah kota yang juga dinamakan Mazar-i-Sharif.

Baca Juga :

Kilau Gemerlap Masjid Shah Cheragh di Shiraz Iran 

Mengagumi Pendar Pelangi di Masjid Nasir Al Mulk, Iran

Sayangnya kota beserta masjid Mazar-i-Sharif hancur lebur pada 1220 M ketika agresi Genghis Khan ke wilayah ini. Namun di tahun 1481, Sultan Husayn Mizra merenovasi tempat keramat tersebut serta dibangun pula masjid dengan arsitektur yang lebih megah. 

Bangunan berkubah biru dengan dinding berhias ornamen khas timur tengah tampil memikat laksana batuan pirus persia. Ribuan merpati putih berterbangan di sekitar taman yang mengelilinginya menjadikan Masjid Mazar-i-Sharif layaknya oase di tengah alam Afganistan yang gersang dan kering. Penasaran keindahan masjid menawan ini? Yuk kita tonton videonya 

 

RECOMMENDED FOR YOU