WELLNESS
2017-11-13 10:49:00

Begini Lo Mengolah Stres Menjadi Positif

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Merasa terbebani dengan segala kepadatan rutinitas yang ada, terkadang membuat kita pusing dan mengalami stres. Banyak yang mengatakan bahwa perempuan yang sering mengalami stres memiliki kemungkinan mengalami penuaan lebih cepat dan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. 

Namun, hal ini justru berbanding terbalik dengan penelitian yang dilakukan Universitas Nortwestern yang menjelaskan dampak positif yang sangat baik bagi kesehatan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres mampu meningkatkan ketahanan, melindungi sel-sel yang bisa menyebabkan penuaan serta menunda risiko terkena suatu penyakit.

Kalau sebelumnya stres memicu penyakit jantung, stroke dan hipertensi, tetapi kini stres diolah untuk memperbaiki kualitas hidup seseorang. Melalui pemahaman molekuler yang mendorong penuaan dan risiko terhadap penyakit degeneratif terkait usia. 

Profesor dari Universitas Northwestern, Richard I. Morimoto, juga menegaskan bahwa strategi ini dilakukan untuk membuat orang mendapatkan kualitas hidup terutama kesehatannya meningkat hingga tahap seluler dan molekuler. Sehingga seseorang bisa menjaga kesehatan mereka sesuai dengan tahapan usia. 

Sebagai media uji coba, para peneliti menggunakan cacing gelang transparan C yang memiliki 22 ribu gen. Hal ini menunjukkan sinyal sinyal dari mitokondria yang mengalami stres ringan-sumber energi seluler, dapat mencegah kegagalan mesin kontrol kualitas protein (proteostasis).  Tentunya penelitian ini memengaruhi akumulasi protein yang rusak pada sederet penyakit diantaranya Alzheimer, Huntington, Parkinson dan Amyotrophic lateral seclerosis (ALS). 

Penelitian ini juga membuktikan bahwa tingkat stres pada seseorang bisa merusak sinyal yang ada di otak. Sinyal stres mitokondria merupakan salah satu dari banyaknya kumpulan sel yang disinyalir bisa bertahan. 

Nah, buat sahabat Saliha yang masih mengkhawatirkan mengenai dampak stres pada kesehatan, tenang saja. Ternyata stres menyimpan banyak pengaruh positif salah satunya membuat kita tampak lebih muda dan aktif sesuai dengan tahapan usia.  

RECOMMENDED FOR YOU