WELLNESS
2018-05-17 12:08:00

Berpuasa Saat Hamil? Perhatikan 5 Hal Ini

BY MEDIA SARI

Ramadan sudah di depan mata. Sebagai muslim tentunya kita ingin menjalankan ibadah sebaik – baiknya kan? Namun bagi sahabat Saliha yang sedang hamil dan tetap ingin berpuasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Apa aja sih? 

Konsultasi ke dokter

Sebelum berpuasa, periksakan kondisi kesehatan ke dokter kandungan. Jika dinyatakan sehat maka ibu hamil aman untuk melaksanakan ibadah puasa. 

Menu sahur

Pilih menu bergizi dengan komposisi seimbang yang terdiri dari 50% karbohidrat, 30% protein dan 20% lemak. Perbanyak pula konsumsi buah – buahan segar untuk mencegah sembelit. Jangan lupa untuk banyak minum air putih dan segelas susu untuk mencegah anemia. Buat pecinta makanan pedas, sebaiknya dihindari dulu nih, karena akan memicu rasa mulas dan diare. Hindari juga mengonsumsi makanan manis saat sahur agar kamu tidak merasa lemas dan cepat lapar akibat terjadinya insulin shock.

Nikmati saat berpuasa

Niatkan puasa untuk membersihkan diri dan jiwa serta untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jalani puasa dengan keikhlasan dan hindari stres dengan banyak melakukan hal – hal menyenangkan. Jangan memaksakan diri untuk terus beraktivitas sampai kelelahan. Oleh karenanya, sempatkan beristirahat di sela – sela kesibukan dan penuhi kecukupan waktu tidur. 

Batalkan puasa

Ibu hamil sebaiknya membatalkan puasanya jika terjadi hal – hal berikut: diare disertai perut melilit, muntah lebih dari tiga kali, mimisan, lemas dan pusing disertai mata berkunang – kunang serta keringat dingin berlebihan. Hal – hal diatas dikhawatirkan bisa membahayakan janin dan kesehatan ibu hamil. 

Berbuka

Berbuka puasa memang disarankan dengan minuman hangat dan manis. Namun perlu diingat ibu hamil harus membatasi kadar gula agar tidak mengalami diabetes selama kehamilan. Tahan diri pula untuk mengonsumsi minuman dingin karena akan mengganggu kerja lambung. 

Berikan jeda dalam mengonsumsi makanan utama agar tidak memberatkan sistem pencernaan. Setelah salat tarawih, ibu hamil juga sebaiknya makan malam lagi atau mengudap cemilan. Penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih dan susu hangat menjelang tidur.

Nah, sekarang sahabat Saliha tak perlu khawatir lagi kan berpuasa saat hamil. Secara tidak langsung hal ini juga akan mengajarkan anak kita berlatih puasa sejak dalam kandungan. Cool, kan? 

RECOMMENDED FOR YOU