Secara default dalam lembar kerja ms excel akan menampilkan

Secara default dalam lembar kerja ms excel akan menampilkan

Secara default dalam lembar kerja ms excel akan menampilkan

 

Jawaban

Format Cell Excel adalah fitur pemformatan pada Microsoft Excel untuk mengubah tampilan data pada cell. Secara default, lembar kerja (workbook) excel akan menampilkan 3 buah worksheet, sementara worksheet adalah kumpulan dari sel/cell, dan sel/cell adalah perpotongan antara baris dan kolom.

 

Pembahasan

Format Cell Excel adalah fitur pemformatan pada Microsoft Excel untuk mengubah tampilan data pada cell untuk tujuan tertentu tanpa mengubah data itu sendiri.

 

Menu menu format cells dan penjelasannya :

  1. Alignment : pada Format Cells (pada Text alignment terdapat Horizontal dan Vertical, keduanya saling berkaitan dalam pengaturan sebuah text yang sudah di Merge & Center, maksudnya satu text sudah digabung melalui beberapa format cells namun formatnya tidak sesuai dengan yang diinginkan maka gunakan kedua fasilitas tersebut untuk pengaturan cell sesuai kolom).
  2. Indent merupakan Tab seperti fungsinya pada Microsoft Word (menggeser text tanpa menggunakan spasi), pada gambar diatas terdapat Decrease Indent (menggeser ke kiri)  Increase Indent (menggeser kenanan).
  3. Text Control (didalamnya terdapat Wrap text, Shrink to fit dan Marge cells) selain Shrink to fit terdapat pada menu seperti gambar diatas namun Shrink to fit digunakan untuk memperkecil Text tanpa berubah ukuran tabel, tetapi dia tidak aktif jika sudah di ceklist Wrap Text.
  4. Orientation yang berfungsi untuk memutar text dengan sudut diagonal atau orientasi vertical, atur posisi sesuai keinginan anda atau klik langsung seperti yang nampak pada gambar di atas.
  5. Font : pada format font sama dengan ikon yang terdapat pada group font dalam uraian artikel sebelumnya.
  6. Strikethrough : untuk menggaris tengahkan text.
  7. Superscript : Mengangkat satu text atau lebih ke atas text lainnya, biasanya digunakan pada perhitungan luas tanah misalnya dalam penulisan M2, blok nilai dua nya lalu Ctrl+1 klik Superscropt.
  8. Subscript : sebaliknya menurunkan satu text atau lebih ke bawah text lainnya.