Teknik pembentukan suatu kerajinan dengan menggunakan alat putar disebut

Teknik pembentukan suatu kerajinan dengan menggunakan alat putar disebut

Teknik pembentukan suatu kerajinan dengan menggunakan alat putar disebut

 

Jawaban

Teknik pembentukan suatu kerajinan dengan menggunakan alat putar disebut teknik putarTeknik putar pada umumnya menggunakan bahan tanah liat dalam membuat suatu kerajinan.

 

Pembahasan

Teknik putar adalah teknik yang digunakan untuk membentuk tanah liat menjadi benda-benda keramik dengan cara diputar. Teknik putar merupakan aspek yang penting dalam berkarya seni keramik, penggunaan teknik putar tidak mudah untuk dipelajari oleh peserta didik berkarya seni keramik oleh karena itu pentingnya persepsi peserta didik dalam berkarya seni keramik menggunakan teknik putar perlu diketahui.

Pada teknik putar ini, Menurut Yumarta (1986: 15) terdapat tiga jenis meja putaran keramik menurut cara pakainya sebagai berikut:

  • Meja putaran tangan

Meja putaran keramik ini pada umumnya berukuran kecil dan sederhana. Garis tengah piringannya antara 10cm sampai 40 cm dan tingginya kurang lebih 10 cm dan 25 cm dan bentuknya bermacammacam.

  • Meja putaran kaki

Meja putaran kaki pada dasarnya terdiri dari dua buah bentuk piring datar dengan garis tengah yang berbeda. Alas meja putaran berfungsi sebagai pemutar yang digerakkan oleh kaki.

  • Meja putaran listrik

Pada dasarnya alat meja putaran listrik ini mirip dengan meja putaran tangan yaitu terdiri dari sebuah piring datar. Cara kerjanya hampir sama dengan meja hampir sama dengan meja putaran kaki.

BACA JUGA  Tuliskan 3 contoh lain mobilitas vertikal dan horizontal