WELLNESS
Pentingnya label halal dalam makeup dan skincare
2017-11-02 16:00:00

Pentingkah Label Halal dalam Make Up dan Skin Care?

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Di masa kini, label 'halal' tidak hanya menjadi fokus perhatian saat mencari makanan dan minuman, tetapi juga saat mencari produk kecantikan. Padahal make up dan skin care bukanlah suatu benda yang masuk dicerna dalam tubuh, mengapa harus halal?

Sebagai muslimah, sudah menjadi kewajiban untuk menjauhkan diri dari zat yang bersifat haram karena Allah swt melarangnya, beberapa contohnya adalah daging babi dan anjing. Keduanya haram dimakan oleh umat Islam, sehingga panganan yang mengandung minyak babi atau terdapat daging anjing di dalamnya, perlu dihindari karena sudah termasuk haram.

Hukum yang sama berlaku pada dengan make up maupun skin care. Produk kecantikan dengan kandungan zat yang dilarang Allah swt, akan menjadi haram dan tidak dapat dipakai muslimah. Mulai dari mengandung zat binatang anjing atau babi, terdapat lemak hewani yang tidak disembelih dengan syariat Islam, terbuat dari binatang yang bertaring atau bercakar, terdiri dari darah dan plasenta hewan, serta mengandung alkohol jenis khamar.

Menurut Ir. Lukmanul Hakim, M.Si., Direktur Ekesekutif LPPOM MUI, "Kosmetik adalah produk yang berinteraksi langsung dengan tubuh melalui kulit atau yang dikonsumsi langsung dalam bentuk obat. Produk bisa saja mengandung zat-zat bersifat najis dalam paradigma agama Islam, salah satunya adalah bahan-bahan mentah yang terbuat dari binatang haram."

Jadi, jelas sudah mengapa kita perlu memilih produk kecantikan yang halal, sahabat Saliha. Dalam pasaran make up dan skin care, berbagai brand pun sudah mulai memerhatikan label 'halal' dalam lini penjualan mereka untuk memenuhi segmentasi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Bahkan, halal seakan menjadi sebuah tren yang sedang digalakkan berbagai pengusaha barang konsumen.

Saat tampil cantik, kita bisa saja mengenakan make up dan skin care yang mengandung zat haram. Selektif merupakan cara terbaik agar selalu terhindar dari yang segala sesuatu dilarang oleh Allah swt.

RECOMMENDED FOR YOU