WELLNESS
2017-11-08 12:19:00

Benarkah Gelas Berwarna Banyak Mengandung Racun?

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Menikmati berbagai varian minuman segar kaya akan rasa memang sungguh menyegarkan. Terlebih lagi kalau minuman itu disajikan dalam wadah yang lucu dengan bentuk maupun warna-warni yang cerah. Biasanya wadah gelas warna-warni digunakan pada saat acara spesial, misalnya saja ulang tahun anak tersayang. 

Tapi tahu enggak sih, wadah gelas warna-warni rupanya menyimpan efek yang tidak baik baik kesehatan. Menurut University of Plymouth, gelas yang memiliki warna-warni mengandung racun yang sangat membahayakan, terutama bagi anak-anak. Corak warna-warni yang melekat pada gelas memiliki peluang lebih besar mengandung racun yang berbahaya bagi anak-anak. 

Penelitian yang dipimpin Andrew Turner, Ph.D, juga menyatakan bahwa efek negatif yang ditimbulkan gelas warna-warni lebih bahaya dari fasilitas taman bermain anak yang juga dicat oleh beragam warna. Selain itu, penelitian ini juga telah dibuktikan dengan rangkaian tes terhadap 200 gelas berbahan enamel dan kaca. 

Ditemukan 134 gelas dari 200 sampel mengandung bahan kimia berbahaya yakni kadmium. Sementara 139 gelas lainnya mengandung timbal yang memiliki potensi meracuni anak saat menggunakan gelas tersebut. 

Kalau penggunaan gelas warna-warni ini terus dilakukan, berbagai gangguan kesehatan tidak bisa dihindari. Misalnya saja kerusakan ginjal, gangguan tulang, dan paru-paru. Bahkan efek terburuknya diyakini dapat meningkatkan risiko gangguan pada otak. 

Oleh sebab itu, sebagai orangtua kita harus bijak memiliki peralatan makan dan minum yang akan digunakan anak-anak. Sebaiknya, kita lebih memilih gelas kaca tanpa warna dan gambar alias polos, agar terhindar dari bayangan kandungan berbahaya kadmium. 

RECOMMENDED FOR YOU