WELLNESS
2018-03-12 13:53:00

Beli atau Nggak, ya? Coba 5 Cara Ini Sebelum Ambil Keputusan Belanja

BY DEE

SALIHA.ID - Siapa sih perempuan yang tidak suka belanja? Rasanya sebagian besar dari kaum hawa senang belanja, entah untuk keluarga atau diri sendiri. Tetapi tidak jarang juga, terkadang kita menyesal membeli barang. Entah karena barang tersebut ternyata tidak sesuai harapan, tidak berguna, atau bahkan terlupakan dan tidak kita gunakan sama sekali. Tentunya mubazir, bukan?

Untuk sesaat kita merasa menyesal, dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Namun tak lama kemudian, kita kembali terjebak dalam pola yang sama. Aduh, apa yang harus kita lakukan? 

Ternyata, ada beberapa cara lo yang dapat diterapakan Sahabat Saliha agar lebih bijak dalam mengambil kebijakan dalam membeli. Beberapa caranya tergolong unik:

Terapkan Aturan 90%

Greg McKeown, penulis Essentialism,  memberi peraturan bahwa untuk semua hal yang kita jalani, berikan nilai pentingnya antara 1-100. Jika hal tersebut di bawah 90, otomatis hal tersebut menjadi 0%. Artinya, benda tersebut tidak layak dibeli. 

Hal ini juga bisa kita terapkan dalam  belanja. Jika kamu suka sebuah barang, berikan nilainya dengan membandingkan antara harga, manfaat, cara merawatnya, daya tahan, dan lain-lain. Jika benda tersebut, ternyata hanya memiliki nilai 80 di dalam pikiranmu, tak perlu membelinya.

Mungkin hal ini terasa berat, apalagi jika kita menginginkan hal benda tersebut. Namun, cara ini membantu kita untuk jujur pada diri sendiri dan menghindari penyesalan. Hanya beli benda yang mendapat nilai 90 di dalam hatimu.

BACA JUGA:

10 tips belanja tanpa rasa penyesalan

Stranger Test - Test Orang Asing

Menurut Lifehacker, salah satu cara untuk mengurangi belanja tanpa perencanaan adalah dengan melakukan Stranger Test. Gampangnya gini. Bayangkan saja ada orang asing yang mengulurkan benda yang kamu inginkan di satu tangan dan uang dalam jumlah sama di tangan yang lain. Mana yang kamu pilih? Jika kamu memilih uang, sebaiknya urungkan pembelianmu. Jika kamu memilih barang tersebut, berarti di matamu barang tersebut layak dibeli.

Permainan Menebak Harga

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menebak harga barang tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. Katakanlah kamu menyukai sebuah tas, pikirkanlah harga yang layak untuk tas tersebut sebelum menanyakan harganya. Jika ternyata harganya di atas harapanmu, jangan memaksakan diri untuk membelinya. 

Lebih Baik Menyewa

Tidak semua hal harus kamu miliki, apalagi jika kamu hanya memakainya sesekali saja. Saat ini ada banyak barang yang bisa kita gunakan tanpa memilikinya. Mulai dari kamera, mobil, baju malam, kostum dan baju pengantin. Pertimbangkan opsi menyewa alih-alih membeli barang yang hanya dipakai sekali dua kali saja.

Membeli Tanpa Cicilan

Seringkali kita tergoda belanja karena kita merasa mampu untuk membayar cicilannya. Namun coba bertanya pada diri sendiri sebelum menggesek kartu kredit. Sebenarnya, mampu nggak sih kita untuk membayar barang tersebut secara tunai tanpa harus mencicil? Jika jawabannya tidak, lebih baik jangan ambil barang tersebut.

Sebaiknya kita menabung untuk mendapatkan barang tersebut sembari memikirkan ulang perlu tidaknya membeli barang tersebut. Sejalan dengan waktu, kamu dapat memikirkan kembali apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut ataukah sebenarnya benda tersebut hanya sebuah keinginan sesaat.

Nah, Sahabat. Itu beberapa cara unik agar kita terlepas dari rasa penyesalan sebelum membeli barang. Yuk terapkan agar kita bisa disiplin dan membeli barang yang benar-benar bermanfaat untuk kita. Jangan sampai mubazir membeli barang, ya. 

RECOMMENDED FOR YOU