Sebutkan tahapan tahapan renang gaya dada

Sebutkan tahapan tahapan renang gaya dada

Sebutkan tahapan tahapan renang gaya dada!

 

Jawaban

Renang gaya merupakan gaya renang yang gerakannya menyerupai gerakan katak berenang. Tahapan-tahapan dalam renang gaya dada adalah.

  1. Teknik meluncur
  2. Teknik gerakan kaki
  3. Teknik gerakan tangan
  4. Teknik pernafasan

 

Pembahasan

Renang gaya dada adalah salah satu gaya renang yang dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air. Renang gaya merupakan gaya renang yang gerakannya menyerupai gerakan katak berenang. Renang gaya dada cocok digunakan untuk renang jarak jauh.

Dalam renang gaya dada, terdapat teknik dasar yang digunakan untuk melakukan tahapan renang. Teknik dasar dalam renang gaya dada adalah.

Teknik meluncur

Teknik meluncur pada renang gaya dada dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air. Posisi kedua tangan lurus ke depan dan kedua kaki lurus ke belakang.

Teknik gerakan kaki

Teknik gerakan kaki pada renang gaya dada dilakukan dengan awalan lurus ke belakang, kemudian tarik dan tekuk kedua lutut ke samping hingga kedua telapak kaki berdekatan di belakang pantat, kemudian luruskan kedua kaki ke samping belakang, dan rapatkan.

Teknik gerakan tangan

Dalam renang gaya dada, teknik gerakan tangan dilakukan dengan awalan kedua tangan lurus ke depan, kemudian tekuk kedua siku ke samping hingga telapak tangan mendekati bahu. Kemudian dorong kedua tangan ke bawah dada.

Teknik pernafasan

Teknik pernafasan pada renang gaya dada dilakukan dengan mengangkat kepala hingga mulut keluar dari permukaan air. Gerakan mengangkat kepala dilakukan ketika kedua tangan didorong ke bawah dada.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Tahapan renang gaya dada yakni

  1. Teknik meluncur didefinisikan sebagai gaya renang yang dilakukan dengan memposisikan badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air. 
  2. Teknik gerakan kaki didefinisikan sebagai gaya renang yang dilakukan dengan memposisikan  kaki lurus ke belakang kemudian tarik dan tekuk kedua lutut ke samping hingga telapak kaki berdekatan di belakang pantat, kemudian meluruskan kedua kaki ke samping belakang serta rapatkan. 
  3. Teknik gerakan tangan adalah gerakan yang dilakukan dengan awalan kedua tangan lurus kedepan, kemudian kedua siku ditekuk ke samping hingga telapak tangan mendekati bahu. Lalu dorong kedua tangan ke bawah dada. 
  4. Teknik pernafasan adalah gerakan yang dilakukan dengan mengangkat kepala hingga mulut keluar dari permukaan air.