WELLNESS
2018-05-04 15:49:00

7 Tips Siapkan Tubuh Jelang Ramadan

BY DEE

SALIHA.ID - Tanpa terasa, puasa sudah ada di depan mata. Semangat untuk menjalani puasa tentu sudah menggebu-gebu.
Namun menghadapi puasa, bukan hanya memerlukan semangat, namun juga persiapan. Ini karena tubuh kita akan menjalani perubahan pola makan dan ritme harian. Agar tubuh tetap bugar selama puasa nanti, yuk persiapkan dulu agar tubuh tidak kaget saat menjalani puasa, ya. 

Jaga pola konsumsi makan

Kalau biasanya apa aja masuk ke mulut, menjelang puasa, coba deh jaga pola makan kamu. Perkecil jumlah snack yang kamu konsumsi. Jika kita banyak makan, maka akan sulit mengatur pola makan saat puasa. Jadinya kita malah akan balas dendam pada saat buka puasa.

Siapkan menu makanan

Mengatur menu makan selama tiga puluh hari dapat menjadi tantangan tersendiri bagi ibu rumah tangga. Selain harus mengatur budget, bunda juga harus mengatur agar makanan yang disajikan mencukupi gizi selama puasa. Agar pengeluaran tetap terjaga, yuk buat menu makanan dulu sejak sekarang. 

Lebih banyak minum

Salah satu tantangan terberat dalam puasa adalah rasa haus dan dehidrasi. Jika dehidrasi sudah melanda telebih diikuti oleh sakit kepala, maka seharian tubuh akan terasa lemah dan enggan untuk melakukan aktivitas apapun. Untuk mencegah dehidrasi, biasakan minum banyak sejak sekarang.  Sebaliknya, mulai kurangi konsumsi minuman yang dapat membuat dehidrasi seperti kopi. 

Kekurangan minum dapat menyebabkan dehidrasi.

Sarapan lebih awal

Karena kita akan sahur, cobalah melatih diri dengan sarapan lebih awal. Dengan demikian akan lebih mudah bangun dan sahur.

Cobalah puasa sunnah

Selain sebagai ibadah, puasa sunnah adalah cara yang bagus untuk mengingatkan diri sendiri bagaimana rasanya berpuasa. Dengan demikian tubuh tidak akan kaget kalau mendadak harus puasa lagi.

Atur pola tidur

Karena kamu akan bangun sahur, cobalah untuk mengatur tidur agar tidur kamu cukup plus dapat sahur tepat pada waktunya. Jangan sampai kamu sahur dengan nyawa setengah, ya. Tidur siang juga dapat kamu gunakan sebagai pengganti sebagian waktu tidur malam yang hilang. 

Salat Tahajud untuk membantu bangun saat sahur

Jika kamu terbiasa salat tahajud, tentu akan lebih mudah bagimu untuk bangun saat sahur. Untuk melatih tubuhmu terbiasa bangun sahur, cobalah bangun untuk tahajud. Dengan membangun kebiasaan tahajud, kamu akan membiasakan tubuhmu untuk bangun sahur. Pahala dapat, kebiasaan baik juga terbangun. 

Nah sahabat, itulah beberapa kebiasaan baik untuk membantu tubuhmu bersiap-siap menghadapi puasa tahun ini. Kebiasaan mana yang sudah kamu lakukan?

RECOMMENDED FOR YOU