WELLNESS
2018-06-04 15:48:00

Kenali Beda Label Cruelty Free, No Animal Testing dan Vegan

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Perempuan tentunya nggak bisa lepas dari yang namanya produk perawatan kulit. Bahkan beberapa dari kita merasa kurang percaya diri kalau keluar rumah tanpa kosmetik. Ya kan sahabat Saliha? Tapi tahu nggak sih kalau sebelum produk kecantikan tersebut diedarkan, ada yang namanya animal testing. 

Tes yang menggunakan hewan seperti tikus, monyet dan kelinci ini dilakukan sebagai uji coba untuk mengetahui tingkat keamanan produk tersebut. Dalam prosesnya hewan-hewan ini seringkali tersakiti dan menjadi korban. Oleh karenanya, sejumlah organisasi seperti PETA, Coalition for Consumer Information on Cosmetics dan Cruelty Free International menentang keras adanya praktek ini.

Sahabat Saliha sebagai konsumen juga bisa mendukung gerakan ini dengan memilih kosmetik yang memiliki label cruelty free, no animal testing atau vegan cosmetic. Hmmm..., apa aja sih maksud dari istilah-istilah ini?

Animal Cruelty Free

Produk yang memiliki label ini berarti bahan dan proses pembuatannya tidak membahayakan atau membunuh hewan. Tapi bisa saja komposisinya masih menggunakan bahan baku hewani seperti beeswax (lilin lebah). Namun jika cara memperolehnya tidak menyakiti hewan maka produk tersebut tergolong cruelty free

No Animal Testing

Label ini artinya produk tersebut tidak melakukan proses uji coba kepada hewan. Tapi produk no animal testing belum tentu cruelty free karena bisa saja dalam komposisinya masih menggunakan bahan baku hewani yang diambil dengan cara menyakiti hewan terlebih dahulu.

Vegan

Produk yang memiliki label vegan artinya produk ini sama sekali tidak mengandung unsur hewani dan proses pengujiannya tidak melibatkan hewan. Semua bahan harus berasal dari tumbuh-tumbuhan. Bahkan beeswax dan madu juga tidak diperbolehkan. Ketat banget kan!

peluncuran wet and wild, metalic series di Mal Kota Kasablanka, 24 Mei 2018

Meski belum banyak, beberapa produk kosmetik sudah memiliki 3 label ini. Salah satunya adalah Wet n Wild yang baru saja meluncurkan produk barunya yaitu metalic series sesuai tren 2018. Tak hanya itu, Wet n Wild juga mengklaim produknya gluten free, oil free, fragrance free dan 86% dari produknya di 2017 benar-benar vegan.

Sayangnya produk ini belum memiliki label halal. Namun menurut Resty Yapri, selaku General Manager Marketing PT.WNW Indonesia, pihaknya akan mengurus label halal ini tahun depan. Bagaimana, apakah sahabat Saliha tertarik mencobanya?