WELLNESS
Manfaat lidah buaya untuk kecantikan
2017-07-07 13:36:00

5 Khasiat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Pernah dengar zat atau bahan aloe vera dalam skin care dan kosmetik? Istilah itu merupakan nama lain dari lidah buaya, tanaman yang bisa ditemukan di pekarangan rumah kita. Tumbuhan yang panjang meruncing dengan lapisan kulit keras ini memang sering diolah sebagai komposisi alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Mulai dari menjaga kelembapan tubuh, hingga menyembuhkan luka luar.

Melindungi dari Sinar Matahari

Gel lidah buaya memiliki konsistensi yang mudah diserap tubuh hingga ke lapisan epitel kulit. Pemakaian pada seluruh tubuh dapat melembapkan dan melindungi tubuh dari sengatan terik matahari.

Mencegah Penuaan Dini

Lidah buaya mengandung zat antioksidan berupa beta karoten, vitamin C dan vitamin E yang membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini berupa garis halus dan kulit kering.

BACA JUGA:

Menjaga kecantikan kulit dengan khasiat cuka apel

Bye kulit kering, ini cara merawatnya tetap lembap

Mengurangi Stretchmark

Masalah stretchmark yang sering dialami perempuan setelah melahirkan, dapat dikurangi dengan pemakaian aloe vera secara rutin. Selain itu, gel alami ini dapat membantu menyembuhkan luka.

Mecegah Ketombe

Aloe vera memiliki sifat alkali yang membantu menghambat pertumbuhan jamur. Sifat ini berkhasiat untuk mencegah ketombe yang disebabkan sel kulit mati dan jamur di kepala kita.

Anti Inflamasi

Jika sahabat Saliha memiliki kulit kepala yang sensitif dan rentan iritasi, lidah buaya bisa menjadi obatnya. Dilansir dari Manfaat.co.id, kandungan enzim analesgic anti-inflammatic yang ada di dalam lidah buaya, Bradykinase, serta asam salisilat membantu menjaga kulit kepala dari inflamasi atau peradangan.

Banyak manfaatnya, kan? Selain baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit luar, lidah buaya juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dalam tubuh, lo!

RECOMMENDED FOR YOU