WELLNESS
2017-11-30 15:40:00

Menepis Spekulasi Penularan Virus HIV di Masyarakat

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Jelang peringatan hari AIDS yang jatuh pada 1 Desember, sebenarnya kita perlu membenahi pandangan atau spekualasi yang terjadi di masyarakat. Kesalahpahaman akan penanganan dalam menghadapi virus ini. Dan, menjaga silaturahmi dengan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).

Padahal virus HIV hanya bisa tertular dari satu orang ke orang lain melalui cairan tubuh, seperti darah, cairan sperma, cairan vagina, dan ASI. Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga melemahkan kemampuan tubuh kita dalam melawan berbagai macam penyakit.

Berlawanan dengan mitos, berpegangan tangan atau berpelukan tidak menyebarkan virus HIV

Kalau selama ini banyak yang beranggapan bahwa virus HIV bisa menyerang seketika. Berikut ini berbagai mitos yang berkembang luas di masyarakat tentang tertularnya virus HIV:

  1. Bersalaman atau berpelukan, kontak fisik skin to skin ini tidak akan menularkan virus HIV pada kita.
  2. Berciuman, ciuman tidak akan menularkan virus HIV selama, tindakan itu tidak menyebabkan pergesekan hingga mengeluarkan darah.
  3. Menggunakan peralatan makan, minum, kamar mandi, sampai kamar tidur.  Anggapan ini salah besar, karena penggunaan peralatan rumah tangga seperti ini tidak bisa menularkan virus HIV begitu saja.
  4. Batuk dan bersin, juga tidak tertular virus HIV.
  5. Berkendara saat naik motor atau mobil bersama ODHA juga tidak menularkan virus HIV.
  6. Berada di satu lokasi yang sama seperti kolam renang, tempat sauna, dan fasilitas umumnya. Anggapan ini salah besar.
  7. Virus HIV juga tidak menyebarkan melalui udara, karena pada dasarnya virus akan mati saat berada di luar tubuh. Terlebih lagi virus HIV akan mati jika terkena cairan pemutih seperti bayclin, chlorox, serta cairan antiseptik.
  8. Cairan seperti keringat, air liur, air mata dan lainnya juga tidak serta menularkan virus HIV begitu saja.
  9. Sama hal dengan seseorang yang sedang menjalani terapi antiretroviral. Saat menjalani terapi jumlah virus akan mengalami penurunan sehingga sukar untuk menularkannya pada orang lain.

So, Ingat ya, jauhi virusnya. Bukan orangnya.

 

 

 

RECOMMENDED FOR YOU