WELLNESS
Selain Wardah, ada berbagai makeup halal dari seluruh penjuru dunia (Sumber: Instagram @wardahbeauty)
2018-01-09 15:02:00

Selain Wardah, Ini 10 Makeup Halal Dunia yang Patut Dicoba!

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Makeup halal bukan lagi produk yang dicari oleh perempuan di negara dengan mayoritas muslim, melainkan sudah menjadi sebuah tren yang digemari masyarakat internasional, bersama dengan kualitas vegan, organic, dan cruelty-free. Karena sudah mendunia, maka tidak sulit lagi untuk menemukan merk makeup yang halal.

Dilansir dari Have Halal Will Travel, ada 11, termasuk di antaranya dari Indonesia, produk kecantikan halal yang dapat memenuhi kebutuhan sahabat Saliha.

1. Wardah Cosmetics - Indonesia

Wardah Beauty - Indonesia (Facebook Wardah Beauty)

Sudah tidak asing lagi, ya? Merk kosmetik yang didirikan oleh Nurhayati Subakat bersama suaminya, adalah yang pertama memperkenalkan diri sebagai merk makeup halal. Merk ini pun memiliki rangkaian kosmetik yang up to date dengan tren terkini, seperti Wardah Matte Lip Cream yang hadir dalam 19 warna cantik. Merk ini pun menjadi satu-satunya official makeup partner untuk acara Dubai Modest Fashion 2017 lalu. Keren, ya!

2. So.Lek Cosmetics - Malaysia

So.lek Cosmetics - Malaysia (instagram @so.lek)

Nama makeup asal Malaysia ini terinspirasi dari kata 'So? Relax!' Meski saat ini So.Lek Cosmetics belum sepenhnya mendapatkan sertifikasi halal dari pihak terkait di negaranya, namun produk mereka cruelty-free dan wudhu-friendly, lo! Salah satu produk unggulan yang dicintai oleh para artis adalah Gincu, nama untuk liquid lipstick So.Lek dengan formula yang melembapkan dan hasil akhir soft matte.

3. Zahara - Singapura

Zahara Cosmetics - Singapura (Instagram @lovefromzahara)

Merk asal Kota Singa ini diciptakan melalui proses dan pemikiran yang berfokus pada muslimah dan halal oleh dua perempuan bersaudara. Salah satu produk terpopuler yang wajib dicoba dari Zahara adalah oxygen nail polish, cat kuku yang telah mendapat sertifikasi halal dari International Halal Integroty Alliance. Produk dengan pigmentasi tinggi dan konsistensi yang cair ini diklaim aman untuk wudhu. Serta, mudah dibersihkan sehingga kuku tetap terlihat sehat setelahnya.

4. Klarity - Singapura

Klarity - Singapura (Instagram @klaritysg)

Di Singapura juga, kamu akan menemukan Klarity, merk skincare halal pertama yang diproduksi di Korea serta menggunakan teknologi Perancis dan Swiss. Dua produk yang paling dicari adalah krim mata dan masker. Keduanya mengandung bubuk permata yang memberikan hasil cerah pada wajah.

5. IBA Halal Care - India

IBA Halal Care India (Instagram @ibahalalcare_india)

Dari negeri dengan kuliner kari yang menggoda, ada IBA Halal Care, merk produk kecantikan halal pertama yang bersertifikasi dari Halal India. Melalui riset dan pengembangan produk halal selama 2 tahun, IBA memiliki jajaran produk untuk memenuhi segala kebutuhan, mulai dari makeup, skincare, sampai parfum. Salah satu produk paling dicintai adalah moisture-rich atau long-stay matte lipstick dengan 22 pilihan warna yang menawan.

6. Talent Cosmetics - Korea Selatan

Talent Cosmetics - Korea Selatan (Instagram @talentcosmetics)

Sebagai 'kiblat' kecantikan Asia, Korea Selatan juga memiliki makeup halal untuk para muslimah, yaitu Talent Cosmetics. Merk ini sendiri telah hadir sejak tahun 1980 dan sudah menjadi merk global. Namun pada tahun 2014, Talent Cosmetics meluncurkan seri halal, menjadikan mereka sebagai merk makeup Korea Selatan halal pertama dengan memeroleh sertifikasi dari Malaysia Jakim.

Dalam seri halal ini, sahabat Saliha patut mencoba cheek stick, yaitu blush on dalam bentuk stik yang hadir dengan kuas halus dalam packaging-nya.

7. Glow by Claudia Nour - U.S.

Glow by Claudia Nour - U.S. (Instagram @claudianourcosmetics)

Seorang muslimah berdarah Latin, Claudia Nour, mendirikan merk kosmetik dan skincare dengan bahan-bahan halal dan alami. Merk itu dikenal dengan nama Glow, yang memiliki produk kecantikan lengkap untuk menyempurnakan penampilan perempuan mana pun.

Dua produk yang dijagokan dari makeup asal Amerika Serikat ini adalah concealer yang creamy dan coverage yang bagus (The Glow and Restore Cream Concealer), dan lipstick mereka yang lembap namun tahan lama di bibir.

8. Amara Halal Cosmetics - U.S.

Amara Halal Cosmetics - U.S. (Instagram @amarahalal)

Masih di negeri yang sama, tepatnya di California, sahabat Saliha akan menjumpai Amara Halal Cosmetics. Sesuai namanya, merk ini menawarkan produk kecantikan berkualitas yang bebas paraben, gluten, petrochemical, alkohol, dan hewani.

Amara memiliki semua jenis produk yang dibutuhkan untuk mendapatkan tampilan sempurna, tak terkecuali cat kuku. Mereka juga memiliki paket pembelian khusus sehingga kamu bisa mencoba semua produknya dengan harga spesial.

9. Tuesday in Love - Kanada

Tuesday In Love - Kanada (Instagram @tuesdayinlove)

Diolah di Kanada, Tuesday in Love adalah makeup dengan cruelty-free dan bersertifikasi halal dari ISNA Canada. Dari seluruh produk kecantikan yang ditawarkan, merk asli Kanada ini terkenal dengan cat kukunya karena dibuat dengan teknologi micro-pore yang menjadikannya mudah ditembus oleh air.

Menariknya lagi, setiap pembelanjaan produk mereka akan didonasikan untuk Islamic Relief Canada, lo.

10. Sampure Minerals - U.K.

Sampure Minerals - U.K. (Facebook Sampure Minerals)

Pecinta makeup mineral? Sampure Minerals tidak hanya menawarkan rangakaian kosmetik itu dengan kualitas terbaik. Lebih dari itu, merk asal Inggris ini juga bersertifikasi halal dari Halal Monitoring Committee (HMC).

Jika tertarik mencoba, produk yang patut sahabat Saliha lirik adalah Instant Glow Mineral Foundation, yaitu foundation yang menawarkan hasil muus dan SPF 15. Juga, Nourishing Long-Lasting Hydra Lipstick, pemulas bibis dengan hasil akhir satin yang melembapkan.

11. INIKA Organic

INIKA Organic - Australia (Instagram @inikaorganic)

INIKA Organic adalah salah satu makeup asal Negeri Kanguru yang telah mendapat sertifikasi dari berbagai lembaga, mulai dari Australian Federation of Islamic Councils Inc., Choose Cruelty Free Australia, Organic Food Chain Australia dan Vegan Society UK. Jadi tidak hanya halal, tetapi juga aman dan menggunakan bahan alami.

Salah satu produknya, Certified Organic Liquid Foundation with Hyaluronic Acid, adalah produk best-seller karena menawarkan tampilan riasan natural dan tahan lama.

Kalau berkunjung ke negara-negara yang disebutkan, jangan lupa mencoba makeup dan skincare halal-nya, ya!

RECOMMENDED FOR YOU