WELLNESS
2018-02-14 13:52:00

Menari Perbaiki Kualitas Tubuh Jadi Lebih Sehat

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membentuk keindahan tubuh. Bagi yang tak suka olahraga seperti lari, renang atau atletik lainnya, menari bisa menjadi solusi kita untuk mendapatkan tubuh sehat yang didambakan. Kita bisa memulainya dengan mempergunakan musik atau lagu favorit sebagai penambah semangat. Alunan musik yang disukai akan membantu gerak tubuh.

Tak perlu waktu lama, menari dalam kurun waktu 60 menit per hari mampu mengikis lemak dan membuat tubuh lebih segar. Saat menari seluruh bagian tubuh saling berkoordinasi mengikuti irama musik. Menurut healthmeup.com, menari mampu memberikan sederet manfaat yang menyehatkan tubuh.

Seorang pakar pengatur berat badan, Dr. Amrapali, menambahkan, "Tubuh akan merasakan betul setiap bagian musik sehingga meningkatkan sirkulasi darah serta denyut jantung. Karena menari menggerakan seluruh bagian tubuh, maka jaringan otot akan mengencang."

Gerakan menari juga dapat merangsang sel-sel memori otot atau sel B. Bahkan, kegiatan menari akan mengaktifkan cerebrum untuk mengontrol gerakan dan daya pikir. Hal inilah yang membuat seseorang lebih mudah menyesuaikan tarian dari pada olahraga lainnya.

Selain itu, New England Journal of Medicine juga mempertegas bahwa gerakan menari mampu menyeimbangkan dan mengurangi risiko penyakit otak seperti demensia dan alzheimer. Luar biasa sekali bukan manfaat menari bagi kesehatan kita. Kalau gitu, Yuk, menari dari sekarang, misalnya tarian yang sempat nge-hits dahulu yakni poco-poco, masih ingat, kan?

RECOMMENDED FOR YOU