WELLNESS
Lotion, Krim, dan Ointment, Mana Pelembap yang Cocok untukmu?
2018-04-17 16:13:00

Lotion, Krim, dan Ointment, Mana Pelembap yang Cocok untukmu?

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Para dermatologis tidak pernah berhenti menyarankan sahabat Saliha untuk selalu mengaplikasikan pelembap wajah setiap harinya, sebelum beraktivitas atau sesudah mandi. Namun, ada banyak pelembap yang tersedia di pasar kecantikan, dengan beragam formula serta berbagai keunggulan. Mana yang terbaik untukmu?

Umumnya, ada tiga tipe pelembap yang ditujukan pada jenis kulit yang berbeda, yaitu lotion, krim, dan ointment. Mengutip dari Psico, ini yang perlu kamu pertimbangkan dari ketiga jenis moisturizer itu.

Pelembap lotion

Dari ketiga jenis yang disebutkan, lotion memiliki kandungan persentase air paling banyak dalam formula, dengan konsistensi lebih cair. Pelembap jenis ini mudah menyebar, cepat meresap, dan terasa ringan pada kulit. Lotion sangat cocok untuk sahabat Saliha yang memiliki kulit berminyak karena dapat menghidrasi tanpa meninggalkan kesan yang tebal atau berat. Produk ini juga cocok untuk kamu yang tinggal di daerah tropis.

Pelembap krim

Pelembap jenis krim biasanya memiliki formula setengah persentase air dan setengah lainnya minyak. Lebih tebal dari lotion, pelembap krim cenderung kurang berminyak dari ointment dan mudah dibaurkan pada area wajah yang luas. Krim membantu melembapkan kulit kering tanpa terasa berat. Karena itu, pelembap jenis ini diperuntukkan untuk pemilik kulit normal dan kering. Para dermatologis juga sering merekomendasikan pelembap krim pada pasiennya yang memiliki masalah kering, ekzema, dermatitis atopik, dan psoriasis. Banyak juga yang menggunakan pelembap jenis ini saat cuaca berubah menjadi lebih dingin atau sering menghabiskan waktu di ruangan yang ber-ac.

Pelembap ointment

Teksturnya seperti salep atau balm, dan menjadi pelembap yang paling berat di antara ketiga jenis ini. Umumnya, ointment memiliki kandungan formual 80% minyak dan 20% air. Pelembap jenis ini membentuk lapisan yang membantu mengunci kelembapan kulit, sehingga sering disarankan pada pemilik kulit ekstra kering, diaplikasikan pada area yang cenderung mengalami kekeringan (seperti sikut dan kaki), atau pada sahabat Saliha yang mengalami masalah kulit (eksema, dermatitis atopik, psoriasis). Produk ini juga membantu melindungi, menyembuhkan, dan mencegah kulit pecah-pecah saat udara dingin. Karena memiliki konsistensi yang berminyak, ini tidak disarankan untuk pemilik kulit berminyak.

Jadi, apa kamu menemukan pelembap yang sesuai dengan tipe kulitmu? 

RECOMMENDED FOR YOU