WELLNESS
2018-05-17 13:07:00

Lakukan Ini Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

BY MEDIA SARI

Saat puasa, mulut akan mengalami kekeringan karena kurangnya cairan ludah. Hal ini bisa membuat bakteri berkembang lebih cepat hingga menyebabkan bau mulut. Selain bikin ilfeel, bau mulut ini juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Tapi jangan panik, berikut ada cara mudah untuk mengatasinya. 

Cukupi cairan tubuh

Meski berpuasa kita harus menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Caranya adalah dengan menerapkan pola 2 + 4 + 2 yakni dua gelas saat berbuka, lalu empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Minum air putih dapat menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut.

Gosok gigi

Saat berpuasa gosoklah gigi setelah berbuka, sebelum tidur dan sehabis sahur untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Jangan lupa juga membersihkan lidah setelah menggosok gigi. Untuk hasil maksimal, gunakan obat kumur antibakteri. Tapi cukup 2 kali seminggu saja ya, karena terlalu sering menggunakan obat kumur bisa membuat mulut menjadi kering.

Hindari makanan tertentu

Ada baiknya kita tidak mengonsumsi makanan berbau menyengat seperti jengkol, petai dan durian. Hindari pula makanan lengket seperti cokelat, biskuit atau kue basah. Selain lebih sulit dibersihkan, makanan ini akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.

Konsumsi teh hijau

Cobalah minum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka puasa. Teh hijau mengandung zat aktif yang disebut catechin yang dapat membunuh bakteri di mulut. Teh bunga lavender juga dikenal dapat mengendalikan dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Memakai siwak

Selain meneladani sunah Rasulullah SAW, bersiwak dapat menghilangkan bau tak sedap dan membersihkan mulut, seperti tertera dalam hadis shahih berikut, “Bersiwak membuat mulut bersih dan mendatangkan rida Allah” (HR. An Nasa-i dan Ahmad).

Kini, tak perlu khawatir lagi kan, jika harus ngobrol dengan orang lain saat puasa?

RECOMMENDED FOR YOU