WELLNESS
2018-07-25 16:56:00

Posisi Tidur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan

BY TIM LIPUTAN

SALIHA.ID - Sahabat Saliha tahu nggak sih jika posisi tidur dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh? Sebuah studi mengungkapkan ada beberapa posisi tidur yang baik bagi tubuh, ada pula yang sebaiknya dihindari. Ini empat posisi tidur terbaik dan terburuk untuk kesehatan, seperti dikutip dari Daily Mail.

1. Meringkuk

Tidur meringkuk seperti janin di dalam kandungan disebut-sebut sebagai posisi paling nyaman untuk tidur. Memberi kenyamanan saat tidur bisa saja benar, tapi belum tentu paling baik untuk kesehatan.

Pakar kesehatan tidur Elina Winnel mengatakan, posisi tidur meringkuk sebaiknya dihindari karena lebih banyak memberi pengaruh buruk. Kenapa?

"Kita mungkin tidak menyadari posisi tidur seperti itu memicu tubuh berada pada mode 'hadapi atau hindari'. Artinya, ketika tidur dalam posisi tersebut, kita akan memberikan sinyal pada sistem syaraf pusat bahwa Anda sedang menghadapi masalah, itu tidak baik saat tidur," jelasnya.

2. Tidur Menyamping

Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri atau kanan akan lebih baik ketimbang tidur meringkuk. Gunakan bantal pada kepala dan di samping tubuh untuk membantu menopang Anda kala tidur.

"Dari perspektif struktur, syaraf dan otot tubuh, serta aliran udara (posisi ini) lebih bersahabat untuk tubuh. Sistem pencernaan juga lebih baik, khususnya saat tidur menyamping ke kiri, melihat jalannya esofagus ke perut," jelas Dr. Ron Ehrlich, penulis 'A Life Less Stressed'.

3. Tengkurap

Menurut Dr. Ehrlich, tengkurap adalah posisi tidur terburuk. Saat tidur dengan kondisi perut tertekan, otot-otot pada kepala, leher dan rahang jadi menegang, sendi rahang juga jadi tegang, dan bisa membuat punggung serta tulang panggul terkilir. Pernapasan pun ikut terganggu.

Selain itu dijelaskan juga oleh pakar pengobatan tidur Shelby Harris, tidur tengkurap pun bisa menambah tekanan pada seluruh tubuh.

"Kamu akan bangun tidur dengan badan terasa kebas dan kesemutan, juga meningkatkan risiko nyeri otot dan persendian," ujar Shelby.

4. Terlentang

Posisi tidur terbaik yang paling dianjurkan para pakar kesehatan adalah terlentang. Dr Mark T. Brown menjelaskan saat tidur terlentang, leher, kepala dan dada bagian atas jadi merenggang.

"Bahu dan punggung jadi bisa relaks dan juga membantu mengatasi gangguan asam lambung," pungkasnya.

RECOMMENDED FOR YOU