WELLNESS
2018-03-13 19:00:00

4 Cara Hindari Stres Dengan Me Time

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Sahabat Saliha, pernah tidak kalian merasa sangat bosan dengan aktivitas sehari-hari? Misalnya jenuh dengan pekerjaan yang begitu-begitu saja, bosan dengan suasana rumah dan semacamnya. 

Motivasi diri jadi menurun drastis, seolah kita berada di titik paling menjenuhkan dalam hidup. Waduh, kalau sudah begini, mau apa-apa jadi malas, ya? Bahayanya, jika hal ini terjadi terus menerus, maka dapat memicu munculnya stres yang lebih serius. Ngeri, kan?

Nah, untuk menghindari stres, mungkin sudah saatnya kita ambil cuti kerja untuk sejenak refreshing otak. Jalan-jalan atau piknik bersama orang tercinta untuk mengusir rasa bosan. 

Kalaupun susah mengatur waktu karena pekerjaan teramat padat sehingga tidak bisa mengambil cuti, jangan kuatir. Kita tetap bisa merilekskan pikiran tanpa harus meluangkan banyak waktu dan jauh-jauh pergi ke tempat wisata. Caranya bagaimana? Aha, dengan me-time tentunya!

BACA JUGA:

Inilah pentingnya me time untuk ibu rumah tangga 

Apa sih, me-time itu? Pastinya Sahabat Saliha sudah tahu persis ya, apa itu me-time. Menurut Sinta Yudisia dalam bukunya Psikologi Pengantin, me-time adalah istilah umum untuk mendapatkan situasi serta suasana kesendirian yang nyaman. Menghilang sejenak dari hiruk pikuk dunia, menyendiri di tempat yang membuatmu merasa nyaman. Ingat, menyendiri, ya, Sahabat Saliha? Bukannya kesepian.

Tujuan dari me-time ini selain untuk menghindari stres adalah untuk memupuk kembali semangat baru, menemukan kembali jati diri, dan merenungkan ulang tujuan hidup kita. Bagi kalian yang tidak punya banyak waktu senggang untuk me-time, berikut ada beberapa cara me-time yang patut dicoba!

Membaca buku ditemani secangkir kopi atau teh

Buat Sahabat Saliha yang hobi membaca buku, bisa banget nih, hobi ini dijadikan sarana me-time. Caranya, ambil buku favoritmu, sediakan secangkir kopi atau teh, dan pilih waktu yang tepat. 15-20 menit di pagi hari setiap usai salat subuh bisa dimanfaatkan untuk itu. Cari tempat yang nyaman dan sepi di bagian rumahmu, usahakan di tempat terbuka seperti teras atau beranda rumah. Yang rumahnya punya dua lantai, di teras atas juga asyik, kan? 

Tujuannya selain agar kalian bisa berme-time dengan tenang, juga bisa menghirup udara pagi yang menyegarkan. Dapat me-time, dapat sehat juga, kan? Jangan lupa singkirkan dulu segala bentuk gadgetmu saat me-time. Itu sudah menjadi syarat.

Kalau di pagi hari tidak sempat meluangkan waktu, boleh juga pada malam harinya. Melepas penat  dengan menyendiri, ditemani buku dan angin malam yang sepoi, pasti ampuh menghilangkan stres kamu seharian tadi.

Masak apapun yang kamu suka, sendiri saja!

Ini mungkin bisa diterapkan bagi bunda yang sudah berkeluarga. Karena me-time diperlukan oleh siapa saja, tak terkecuali mereka yang sudah berkeluarga sekalipun. Terkadang kita membutuhkan waktu sendiri tanpa pasangan dan anak-anak untuk kembali memompa energi tanpa diributkan persoalan suami dan anak.

Nah, Bunda, ini cara me-time yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Setelah sepagian berkutat mengurus suami dan anak yang hendak pergi kerja dan berangkat sekolah, kini saatnya Bunda manfaatkan waktu tenang ini untuk me time.

Bingung mau apa? Masak saja apa yang Bunda ingin, untuk dinikmati sendiri. Yuk, buka kulkasnya. Manfaatkan bahan-bahan yang sudah ada untuk diolah menjadi santapan yang lezat. Sudah terbukti, memasak dapat meningkatkan mood baik seseorang dan membuatnya happy. Jadi, bagaimana Bunda? Gampang, kan?

Sahabat Saliha, jangan bayangkan me-time itu harus seperti orang bertapa, ya? Hanya duduk diam tanpa suara. Bukan, mengisi me-time dengan melakukan sesuatu yang fun dan dapat menghilangkan stres juga boleh-boleh saja, kok!

Jalan-jalan sendirian, why not?

Nah, buat kamu yang tidak bisa mendapatkan suasana tenang untuk me-time di rumah, mungkin karena banyak anak kecil sehingga jadi gaduh, coba yang satu ini! 

Setelah pulang kerja, istirahatkan diri sejenak, kemudian cobalah untuk berjalan-jalan sendiri saja. Tidak usah jauh-jauh, cukup di taman kota yang dekat dari rumahmu. Cobalah untuk merenungkan setiap hal yang terjadi pada dirimu, sembari menikmati pemandangan taman di sore hari. Tarik nafas perlahan, lalu hembuskan. Kamu akan menyadari bahwa kamu telah lama kehilangan waktu-waktu rileks seperti ini. 

Buat kamu yang baru saja gajian, tidak ada salahnya, kan, sesekali ngemall sendirian? Kamu akan merasakan sensasi bedanya pada saat ngemall dengan teman-teman. Nikmati waktumu sendiri serileks mungkin sambil memburu barang yang kamu inginkan tanpa ada yang mengganggu. Wah, selain stres hilang, kamu juga akan mendapat kepuasan tersendiri.

Membaca Alquran

Kalau badan sudah terlalu lelah untuk dibawa jalan-jalan dan ingin berdiam diri di rumah saja tapi tidak tahu mau apa, coba yang satu ini. Ambillah air wudhu, tutup auratmu, lalu baca Alquran. 

Mungkin terkesan agak aneh, tetapi sebetulnya tidak sama sekali. Membaca Alquran terbukti akan membawa kedamaian batin. Jika kamu sedang stres berat, anggap saja kamu sedang curhat pada Allah dengan cara membaca Alquran. 

Sendirian di dalam kamarmu dan mendengar lantunan Alquran yang keluar dari bibirmu sendiri, bisa menjadi cara me-time yang sangat ampuh. Mentadaburi makna yang terkandung di dalamnya juga bisa menjadi wisata rohani bagi hati. Dijamin, deh! Selain stresmu hilang, kamu juga akan mendapat ketenangan batin dan pahala. Sekali tepuk dua lalat kena, kan?

Itu dia Sahabat Saliha, cara me-time bagi kamu yang tidak punya banyak waktu luang. Praktis sekali, kan? Bisa langsung diagendakan sebagai tambahan jadwal kamu sehari-hari. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

 

Tulisan ini merupakan kiriman kontributor Ayu Fitri Septina, Batang, Jawa Tengah. Dari kecil suka membaca buku dan menulis diary, bermimpi kelak bisa menjadi seorang penulis yang menginspirasi. Menjadi salah satu kontributor dari antologi Dear Mantan dan Selamat Tinggal Desember. Penulis membulatkan niat untuk menekuni dunia kepenulisan, meski latar belakang pendidikannya adalah DIII Kebidanan. Penulis bisa dihubungi melalui facebook Ayu Fitri Septina, email : septiwijay19@gmail.com, atau di blog pribadinya www.kisahdisuatusenja.blogspot.com.