WELLNESS
2017-12-04 16:21:00

Yuk Cari tahu Perbedaan HIV dan AIDS

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Kesadaran kita akan dampak mengenai penyebaran virus HIV yang semakin hari semakin membuat resah masyarakat. Minimnya pengetahuan kita akan gejala virus dan penyakit tersebut inilah yang memperparah spekulasi tersebut. Lalu apakah kita benar-benar memahami apa itu HIV dan AIDS? Atau anggapan keduanya dianggap sebagai penyakit yang sama.

Bila ditelusuri HIV dan AIDS merupakan dua hal yang berbeda. Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang menyerang limfosit CD4 yang menyebabkan infeksi sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kinerja tubuh yang sesungguhnya. Virus inilah yang menyebabkan AIDS.  Imun tubuh belum mampu mengatasi serangan virus HIV secara efektif. Biasanya virus HIV ditularkan dari adanya hubungan seksual dengan penderita HIV, pemakaian jarum suntik, paparan cairan darah dan yang lainnya.

Gejala HIV meliputi pembengkakan kelenjar getah bening, keluar keringat berlebih pada malam hari, penurunan berat badan secara drastis, sariawan, depresi, kelelahan, sesak napas, kesemutan dan lainnya. Namun, HIV bisa dikendalikan dengan antivirus.

Sedangkan AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrom merupakan kondisi hasil perkembangan virus HIV. Biasanya seseorang yang telah positif mengalami AIDS akan mengalami kemunduran sistem kekebalan tubuh sehingga mengalami tuberkulosis, pneumonia, jenis kanker tertentu, dan infeksi.

Oleh sebab itu pasien yang terjangkit virus HIV belum tentu terserang AIDS. Bahkan seseorang yang mengalami AIDS tidak mampu menghindari serangan virus influenza sekalipun. Maka dari itu, pasien AIDS sudah dipastikan terpapar virus HIV. Karena hingga saat ini obatnya masih belum diketemukan serta mengakibatkan infeksi HIV tidak bisa dihilangkan dari tubuh. AIDS dengan stadium lanjut terjadi setelah 2-15 tahun terinfeksi HIV.

Banyak yang mengatakan bahwa AIDS justru memiliki perkembangan yang jauh lebih cepat melebihi seseorang yang mengalami gizi buruk, usia tua dan stres berat. Usaha yang perlu dilakukan yakni dengan menerapkan pola hidup sehat agar mencegah terjadinya perkembangan infeksi HIV menjadi AIDS.

RECOMMENDED FOR YOU