WELLNESS
Istilah tiga not dalam parfum
2018-02-13 17:28:00

Apa Itu Komposisi Tiga Not? Kenali Paduan Harmonis dalam Parfum

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Pernah mendengar istilah note atau not pada parfum? Tidak hanya dimiliki oleh lagu dan musik, produk wewangian juga memiliki komposisi harmoni yang siap menyegarkan aroma tubuh. Dalam setiap parfum, ada tiga not dengan aroma berbeda dan mengguar sesuai dengan urutannya. Seperti apa, ya?

“Ada tiga not yang terdapat dalam parfum, yaitu not atas, not tengah, dan not bawah,” ujar Marie-Emilie Lascaux, P&G Scientist asal Perancis saat ditemui di acara launching Rejoice Perfume Shampoo di The Terrace Restaurant, Senayan (13/2).

Melanjutkan penjelasannya, not atas atau top note adalah aroma yang tercium saat membuka botol atau menyemprotkan parfum pada tubuh. Sedangkan not tengah, atau middle note, atau kadang disebut dengan istilah heart note, tercium selama 10-30 menit setelah top note menghilang, tergantung pada jenis produk itu sendiri.

“Pada sampo parfum, not tengah muncul selama keramas,” tambah Emilie.

Terakhir adalah not bawah atau bottom not, muncul setelah hilangnya dua not sebelumnya. Ini pun menjadi aroma utama, awet, dan solid dari sebuah parfum. “Bottom note pada sampo parfum akan tercium saat rambut sudah kering selepas keramas. Dengan teknologi terbaru, aroma itu dapat bertahan selama 24 jam,” ujarnya.

Harmoni tiga not ini membuat parfum menjadi tahan lama, membuat perempuan ingin selalu menyemprotkannya ke seluruh tubuh agar menjadi lebih wangi dan segar. Bahkan, sebagian turut mengaplikasikannya ke rambut agar tetap tercium wangi meski telah melewatkan banyak aktivitas di luar ruangan yang penuh debu.

Marie-Emilie Lascaux, peneliti P&G (kedua dari kiri)

“Aku sering menyemprotkan parfum ke rambut. Soalnya, aku sangat peduli pada penampilan rambut. Kalau tercium aroma tidak sedap, tentu sangat mengganggu,” aku Michelle Ziudith, aktris muda yang juga dijumpai di acara itu. “Ketika rambut tercium lebih wangi, aku jadi semangat lagi untuk beraktivitas!”

Kebiasaan Michelle ini juga dilakukan oleh sebagian wanita, dan diamini pula oleh Emilie. Karena itu, ia bersama tim peneliti membuat sebuah sampo parfum agar masalah rambut itu dapat terselesaikan.

“Sampo dengan aroma parfum yang lembut membuat kita nyaman berada di antara banyak orang. Dirancang dengan komposisi tiga not, menciptakan perpaduan harmonis dari keharuman yang mewah,” ujar Emilie. “Wanginya pun dapat bertahan lama, dan tetap terjaga meski rambut berada di balik hijab.”

RECOMMENDED FOR YOU