WELLNESS
Pakai makeup saat berolahraga, berbahaya?
2018-02-20 19:47:00

Aman Nggak, Pakai Makeup Saat Olahraga? Ini Jawabannya

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Makeup adalah rutinitas yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan perempuan. Pergi ke kantor, pakai makeup. Berangkat ke kampus, pakai makeup. Hangout dengan teman, pakai makeup, jalan bersama keluarga, pakai makeup. Mau lari atau ke gym? Tetap pakai makeup dulu.....

Kegiatan terakhir tentu menimbulkan pertanyaan besar dalam setiap benak kaum hawa: "Aman nggak, ya, pakai makeup saat olahraga? Kalau nggak pakai, rasanya penampilan kurang terlihat segar. Tapi berkeringat saat pakai foundation atau bedak itu, rasanya kurang nyaman." Bagaimana menurut sahabat Saliha?

Mengutip dari Prevention, mengenakan riasan wajah, terutama foundation, saat olahraga dapat memicu munculnya masalah baru.

"Berkeringat aktif saat mengenakan foundation dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat," ujar Jeffrey Benabio, MD, dermatologis di San Diego.

Namun Benabio menambahkan kalau kosmetik untuk bibir dan mata aman digunakan. Sebab bibir tidak memiliki folikel rambut sehingga lipstick tidak akan menyumbat apapun. Serta, kecil kemungkinan untuk mengalami masalah jerawat di sekitar mata.

Ide terbaik untuk menjaga wajah tetap sehat selama berolahraga adalah tidak mengenakan makeup atau menghapus semua riasan jika kamu telah mengenakannya sepanjang hari. Namun jika merasa kurang nyaman tanpa mengenakan makeup (bare face), pakai produk kecantikan secukupnya. Karena bedak memiliki risiko menyumbat pori-pori lebih rendah ketimbang foundation, Benabio merekomendasikan sedikit concealer untuk menyamarkan noda atau masalah wajah. Kemudian sapukan bedak ke seluruh untuk menjaganya tahan lama.

Jeannette Graf, assistant clinical professor of dermatology at Mount Sinai Medical School juga menambahkan, Tinted moisturizer dan BB cream juga menjadi alternatif bagus untuk foundation karena konsistensi yang lebih ringan.

Jika memang harus mengenakan foundation saat nge-gym atau berlari, Benabio memberi tips untuk memilih formula produk yang non-komedogenik karena didesain untuk tidak menyumbat pori-pori.

Jangan sampai penggunaan makeup menghalangi semangat untuk olahraga! Terakhir, Benabio mengatakan jika wajah tidak mengalami perubahan tertentu setelah olahraga (dengan riasan di wajah), kamu tidak perlu merasa bersalah, kok. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga dengan bare face, lo!

Pada tanggal 29 April 2018 mendatang, Saliha akan menyelenggarakan event berlari Hijaberlari 29 April 2018. Sahabat dapat mengikuti lomba lari 5K, 10K atau family fun run. Yuk daftar di saliha.id/hijaberlari

Untuk informasi dan pertanyaan silakan hubungi Zahra di 0812 8002 7171 atau hijaberlari@saliha.id.

RECOMMENDED FOR YOU