WELLNESS
2017-11-28 19:42:00

Inilah Sunah Rasulullah yang Terbukti Secara Ilmiah

BY DEE

SALIHA.ID - Setiap tahun, kita memeringati kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam riuhnya perayaan Maulid Nabi. Perayaan ini seharusnya bukanlah sekadar seremonial, melainkan momen spiritual untuk mengembalikan sosok Rasulullah sebagai idola dan panutan dalam setiap tindakan kita.

Salah satu cara untuk meneguhkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW adalah dengan mengikuti sunnah-sunnahnya.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab: 21)”

Ada banyak sunnah Rasulullah yang dapat kita ikuti. Menariknya, beberapa sunnah Rasulullah ini telah terbukti secara ilmiah melalui ilmu pengetahuan modern. Apa saja, ya?

Makan dengan jari tangan itu lebih sehat

Di jari kita ternyata terdapat enzim yang membantu pencernaan.

Dalam hadis riwayat Imam Muslim (no. 2032):

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، أَخْبَرَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ بِثَلَاثِ أَصَابِعَ، وَيَلْعَقُ يَدَهُ قَبْلَ أَنْ يَمْسَحَهَا»

Menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya, mengabarkan kepada kami Abu Mu’awiyah dari Hisyam bin Urwah dari Abdurrahman bin Sa’d dari Ka’ab bin Malik dari Bapaknya yang berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu makan dengan menggunakan tiga jari, dan menjilati jari-jari tersebut, sebelum membasuhnya.”

Kebiasaan Rasulullah untuk makan dengan jari-jari ini, ternyata mendapat dukungan dari para ilmuwan, lo.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang makan cepat dengan peralatan makan lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan dengan jari tangan. Ini karena saat kita memakai sendok dan garpu, orang cenderung makan lebih cepat sehingga terjadi ketidakseimbangan gula darah pada tubuh. Hal inilah yang berkontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2. 

BACA JUGA: 7 cara makan ala Rasulullah 

Selain itu, di tangan kita terdapat enzim yang membantu pencernaan. Juga saat kita mencecap jari dengan lidah saat makan, kita mengirimkan pesan pada tubuh akan suhu, tekstur makanan dan lain-lain. Hal ini membantu menyiapkan perut untuk pencernaan.

Penggunaan tangan untuk makan ternyata mampu mencegah kita untuk tidak makan secara berlebihan, lo. Sebuah studi yang tercantum di Journal of Consulting and Clinical Psychology menemukan bahwa keluarga yang makan dengan tangan lebih paham konsep makan yang baik, seperti hanya makan saat lapar atau berhenti saat kenyang. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang tua mampu mengajari anak obesitas usia 8-12 tahun untuk menahan nafsu makan dengan melatih mereka makan dengan tangan.

Tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat

Ingin lebih fokus dan memperbaiki mood? Tidur siang saja seperti anjuran Rasulullah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda,

قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” ((HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani t dalam Ash-Shahihah no. 1637: isnadnya shahih)

Kita seringkali menganggap tidur siang sebagai kebiasaan anak kecil. Orang dewasa yang tidur siang dianggap sebagai tidak produktif atau bahkan pemalas. Padahal, beristirahat pada siang hari merupakan sunah Rasulullah.

BACA JUGA: Teladani tidur ala Rasulullah

Dari segi ilmu pengetahuan, tidur siang ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kita. Menurut studi di Journal of Sleep Research 2009, ada keuntungan tidur siang bahkan bagi mereka yang cukup tidur di malam hari. Tidur siang ternyata dapat mempercepat reaksi, pemikiran logis, memperbaiki mood seseorang. Jadi, kalau kamu bete, tidur siang aja dulu.

Menurut Jennifer Goldschmied dan rekan dari University of Michigan, orang yang memilih tidur siang selama 60 menit ternyata tidak begitu impulsif dan lebih toleran dibandingkan mereka yang memilih menonton sebagai pengganti tidur.

Penelitian lain dari Sara Mednick, Phd, menunjukkan bahwa tidur di siang hari memiliki efek yang sama baiknya dengan minum segelas kopi. Mana yang lebih baik antara tidur siang dan sore hari? Menurut Mednick, kualitas tidur siang lebih baik dibandingkan tidur sore hari.

Membersihkan gigi dengan siwak itu lebih sehat dan bersih

Siwak ternyata lebih baik dalam membersihkan plak dan mencegah gigi berlubang

Salah satu sunnah Rasulullah adalah membersihkan gigi dengan siwak, sebagaimana hadis dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.”

Siwak atau miswak telah dikenal dunia sebagai pembersih gigi yang baik sejak bangsa Babylonia pertama kali menggunakannya pada 3500 BC. Kebiasaan ini diteruskan ke bangsaYunani, Romawi hingga hadirnya Islam.

Siwak merupakan sikat gigi alami sekaligus organik yang memiliki fungsi yang sama dengan sikat gigi. Alih-alih menggunakan bahan sintetik seperti sikat gigi, siwak dibuat dari bahan organik sehingga lebih ramah bagi gusi.

BACA JUGA: Alasan ilmiah di balik larangan Rasulullah meniup makanan panas 

Sebuah studi klinis pada anak sekolah di Ethiopia menemukan bahwa siwak sama baiknya dengan sikat gigi dalam membersihkan gigi dari plak. Namun penelitian yang dimuat di U.S National Library for Medicine Service justru menunjukkan bahwa siwak lebih baik daripada sikat gigi dalam membersihkan plak dan mencegah gigi berlubang.

The Wrigley Company yang telah melakukan riset yang dimuat pada Journal of Agricultural and Food Chemistry juga menemukan bahwa bahan mint yang telah dicampur dengan ekstrak siwak ternyata 20x lebih efisien membunuh bakteria dibandingkan dengan mint saja.

Nah sahabat Saliha, ternyata apa yang dianjurkan oleh Rasulullah juga dianjurkan oleh ilmu pengetahuan modern. Sungguh hal ini membuat kecintaan kita kepada Rasulullah semakin dalam.

RECOMMENDED FOR YOU