WELLNESS
2018-02-26 17:52:00

Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Cepat? Cobalah Kettlebell

BY DEE

SALIHA.ID - Apa sih yang kamu bayangkan kalau kamu ingin olahraga untuk menurunkan berat badan? Mungkin kamu akan membayangkan olahraga lari, sepeda, renang, dan olahraga lainnya. Namun apakah kamu membayangkan dapat menurunkan berat badan dengan kettlebell? 

Oke, pertama-tama, apa itu kettlebell?

Kettlebell bukanlah olahraga baru. Bahkan Kettlebell sudah ada selama berabad-abad di Eropa kuno. Tercatat, olahraga kettlebell sudah ada di kamus Rusia pada tahun 1704. Namun ada yang memperkirakan Kettlebell sudah dikenal sejak zaman bangsa Sparta.  Pada zaman kekaisaran Rusia, kettlebell sudah digunakan untuk menguatkan tenaga para atlet. Di abad keduapuluh, tentara Soviet menggunakan kettlebell sebagai alat latihan tentara mereka.

Kepopuleran kettlebell kemudian menyebar hingga ke Amerika Serikat. Sejumlah artis yang tercatat menyukai kettlebell antara lain Jessica Biel, Jennifer Lopez, Pink, Penelope Cruz, Kim Cattrall, Jennifer Aniston, dan Kim Basinger. 

Salah satu alasan mengapa kettlebell populer adalah karena kettlebell cepat membakar kalori. Menurut study American Council of Exercise pada tahun 2010, orang yang melakukan latihan kettlebell selama 20 menit dapat membakar 272 kalori. Itu artinya, 20,20 kalori per menit, atau sama dengan berlari lebih dari 1 km selama 6 menit. Wow banget, kan?

Oh, iya. Jangan samakan kettlebell dengan angkat besi atau latihan beban, ya. Ini karena kettlebell berfokus pada gerakan, bukan otot, untuk keseluruhan tubuh dan juga sebagai kombinasi antara cardio dan kekuatan.

Untuk perempuan, tak perlu khawatir tubuhmu akan berotot seperti binaragawan. Tidak mudah membentuk tubuh bak binaragawan. Selain itu, lihat saja para artis yang menyukai kettlebell, tidak ada yang tubuhnya besar bak gorilla, bukan? 

Jika kamu baru saja mau memulai olahraga ini, pilihlah berat kettlebell yang sesuai denganmu. Jangan terlalu ringan atau hasilnya tidak akan maksimal. Sebaliknya, jika terlalu berat, tidak bagi tubuh.  

Untuk perempuan, mulailah dari berat kettlebell 8 kg, kemudian beranjak ke 12 kg, lalu sejalan dengan waktu, 16 kg

Untuk laki-laki, mulailah dari berat 16 kg, 20 kg, dan jika sudah tingkat lanjut 24 kg.

Sebelum mulai memilih kettlebell atau mengikuti latihan, selalu perhatikan keselamatan diri, ya. Jika kamu benar-benar pertama kali mengenal kettlebell akan lebih baik jika kamu berlatih bersama pelatih profesional.  Selain itu, perhatikan beberapa hal berikut ini. 

  1. Lakukan pemanasan sebelum berlatih.
  2. Jangan memaksakan diri saat berlatih. Jika ingin beristirahat, beristirahatlah. Kamu yang paling mengenal dirimu sendiri.
  3. Gunakan bedak untuk melumuri tanganmu sebelum menggunakan kettlebell
  4. Utamakan keselamatan. Letakkan kettlebell di tempat yang terlihat jelas. Ini untuk menghindari kamu atau orang lain tidak sengaja menabrak atau tersandung kettlebell. 
  5. Saat kamu mengenakan kettlebell,  tanganmu  akan mengalami memar atau lebam. Kamu tidak akan akan menghindarinya. 

Nah, ingin tahu latihan kettlebell seperti apa? Cek latihannya di bawah ini. 

 

Dan seperti biasa, jika kamu memiliki masalah kesehatan, atau mempertanyakan apakah kettlebell sesuai untukmu, konsultasikan kondisimu pada dokter sebelum mulai ya, sahabat Saliha.  

 

 

RECOMMENDED FOR YOU