WELLNESS
2017-09-01 08:00:00

Suntik Vitamin C, Amankah?

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Suntik vitamin C jamak dilakukan oleh para wanita demi mendapatkan kulit yang cerah, kencang dan halus. Untuk mendapatkan efek tersebut, biasanya dilakukan penyuntikan hingga 10 kali dalam selang waktu tertentu. Namun apakah metode ini cukup aman dan tidak ada efek sampingnya? 

Menurut dr. Adhimukti T. Sampurna dari Bamed Skin Centre, suntik vitamin C sejatinya aman dilakukan jika dilakukan dengan prosedur yang benar dan dosis yang sesuai. "Yang ditakutkan dari penggunaan vitamin C dosis tinggi adalah pembentukan kristal di ginjal. Untuk itu jika ingin melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit, maka pasien harus diperiksa dulu darah atau urinnya, kalau memang ada kecenderungan atau kecurigaan. Tapi kalau enggak ada pastikan cukup minum".

Baca Juga :

Susu Untuk Kulit Cantikmu

Awas! Kebiasaan Sepele Ini Dapat Merusak Kulit Wajah

Namun perlu diingat bahwa terapi ini bukan merupakan prosedur medis dan sifatnya tidak permanen. Jika sudah tidak ada kandungannya di dalam tubuh maka efeknya pun akan hilang. Hal ini pulalah yang menyebabkan beberapa pengguna terapi ini merasakan kecanduan. Jika dilakukan terus menerus, maka akan mengganggu proses penyerapan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Pada dasarnya, tubuh manusia hanya membutuhkan vitamin C 60-90 mg perhari. Bila diberikan dosis tinggi, sisanya akan terbuang lewat urin. Oleh karenanya lebih baik mengonsumsi makanan atau buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jambu biji dan jeruk. Selain lebih alami, tubuh juga akan mendapatkan vitamin dan nutrisi penting lainnya. Cool, kan?

RECOMMENDED FOR YOU