WELLNESS
Touch up makeup setelah menangis haru
2018-02-02 18:37:00

Habis Menangis? 7 Tips Touch Up untuk Kembali Berseri

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - Tidak semua makeup mampu bertahan saat terkena air, terutama air mata yang mengalir turun di wajah. Bisa bayangkan bagaimana kondisi makeup setelah sahabat Saliha menangis akibat menonton film drama yang menyedihkan? Atau saat menghadiri pesta pernikahan teman yang mengharukan? Atau tidak sengaja menitikkan air mata mendengar cerita menyentuh dari saudara? Pasti sebagian riasan akan memudar dan meninggalkan bekas di wajah.

Jika kondisi itu sangat memungkinkan terjadi padamu kapan pun dan di mana pun, penting untuk menyiapkan seperangkat alat makeup di tas untuk keperluan touch up setiap saat. Tapi, bagaimana? Melansir dari Alpha Mom, ini tipsnya.

1. Jangan menggosok mata

Hal pertama yang harus dihindari adalah menggosok mata ketika menangis di atas makeup. Ketika air mata mengalir dan sedang tidak di depan kaca, ambil tisu dan tepukkan pelan pada garis bulu mata, terutama di bagian inner corner. Menggosok mata akan membuat riasan mata seperti eyeliner dan mascara meluruh dan meninggalkan bekas hitam di seluruh wajah.

2. Bersihkan dengan tisu

Lipat tisu kering dan tepuk pelan bagian mata untuk mengangkat dan membersihkan riasan mata sebanyak yang kamu bisa. Lalu, ambil beberapa tisu lain, basahkan, kemudian tepuk pelan lagi pada mata.

3. Gunakan masacara yang non-waterproof

Yup! Meski mascara waterproof dirasa lebih nyaman digunakan untuk momen penuh air mata ini, formulanya sulit dibersihkan. Sedangkan mascara non-waterproof, sahabat Saliha bisa membersihkannya dengan mudah hanya menggunakan tisu dan sedikit air.

4. Gunakan obat tetes mata

Nggak memungkiri, sehabis menangis akan memunculkan kemerahan dan bengkak pada mata. Terlebih jika terkena riasan mata, dapat memicu irtasi. Untuk menenangkan penglihatanmu kembali, teteskan obat eye drops. Kalau ini terjadi di rumah, alternatif alami bisa dengan menggunakan potongan timun atau kantong teh basah.

5. Handuk hangat untuk wajah yang cakey

Tidak hanya mata, wajah juga membutuhkan perhatian setelah menangis, lo. Base makeup seperti foundation, concealer, bedak, dan blush on, akan memudar setelah terkena air mata dan membuat tampilan jadi tidak merata. Sebelum langsung touch up, ambil handuk hangat dan tempelkan pada pipi dan leher. Kemudian, tekan jemari pada seluruh wajah untuk mengembalikan sirkulasi darah secara normal. Sebab, menangis membuat kondisi tubuh menjadi tidak seimbang, kan?

6. Touch up dengan produk yang ringan

Aplikasikan lagi pelembap secara tipis pada wajah, akan lebih baik jika mengandung bahan yang mendinginkan seperti timun atau aloe, atau yang memiliki sedikit warna. Kemudian, pulaskan concealer atau makeup base dengan rona hijau untuk menyamarkan kemerahan pada wajah dan sekitar hidung. Lalu tepuk bedak padat untuk membaurkannya.

7. Jangan menambah layer mascara

Menambah lapisan mascara saat touch up akan membuat bulu mata jadi clumpy, alias produk itu akan menggumpal di ujung serta memberatkan bulu mata. Daripada itu, aplikasikan eyeliner untuk menegaskan lash line.

Dengan cara ini, sahabat Saliha dapat memperbaiki penampilan setelah mengharu-biru, dan membuat wajah kembali berseri.

RECOMMENDED FOR YOU