WELLNESS
2017-07-13 13:40:00

Olahraga TRX, Andalkan Kekuatan Otot Tubuh

BY SYARIFAH AULIA

SALIHA.ID - Siapa sih yang nggak mau memiliki tubuh sehat dan kuat alias 'tahan banting'. Begitu banyak kegiatan olahraga yang kini bermunculan, mulai dari yang mudah seperti jogging, dance sampai olahraga 'kekinian' seperti zumba, yoga dan TRX. Bukan hanya laki-laki, perempuan zaman sekarang juga mulai menyukai olahraga yang mengandalkan kekuatan otot seluruh tubuh. TRX atau Total Body Resistance Exercise merupakan jenis olahraga baru yang mengandalkan berat badan sebagai bobot latihan. Olahraga TRX ini menganut program suspension training. Rupanya nama TRX sendiri merupakan nama alat atau brand, bukan nama jenis gerakan sesungguhnya. 

Sejak lama, para pecinta olahraga menggunakan tubuh sendiri sebagai beban saat berolahraga. Mereka terbiasa menjadikan gaya gravitasi sebagai sarana daya tahan beban tubuh. Sebenarnya sih, anak-anak muda di Indonesia khususnya di kota-kota besar menyukai jenis olahraga yang menyenangkan tapi memiliki hasil yang optimal. 

Tak heran, bila saat ini kita bisa dengan mudah menemukan begitu banyak tempat olahraga yang menawarkan program latihan kebugaran tubuh yang fungsional dan memiliki kekuatan body awareness. Hal itu yang ingin diperkenalkan Randy Hetrick dalam latihan TRX. 

BACA JUGA:

Simpan 6 alat ini untuk fitnes maksimal di rumah 

Olahraga TRX mulanya diperkenalkan pada tentara Amerika, yang menggunakan tali dari nilon. Biasanya tentara-tentara tersebut mengandalkan pohon batang pintu dan dinding sebagai tempat menggantungkan tali. 

Kita juga wajib nyobain keseruan dan efektivitas yang ditawarkan gerakkan TRX, karena sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya, meningkatkan kekuatan, melatih keseimbangan, mengukuhkan fleksibilitas serta menstabilitaskan sendi dan otot secara bersamaan. Latihan TRX bisa dilakukan dari segala usia dan mencapai bobot 150 kilogram. Bagian yang paling penting saat melakukan gerakkan TRX yakni mengaitkan tali-talinya dengan benar sehingga kuat dan sempurna, dengan begitu keamanan kita akan benar-benar terjaga.

Olahraga yang terkesan ekstrim ini juga tidak menutup kemungkinan perempuan yang sedang hamil untuk melakukannya lo. Kelihatannya memang ‘ngeri’ banget, tapi ternyata banyak gerakan TRX yang justru bermafaat untuk menguatkan otot pinggang dan pinggul menjelang persalinan. Misalnya saja, melenturkan otot roll back yang sering melemah. Karena pada dasarnya perempuan hamil membutuhkan otot lentur agar memudahkan pembukaan pada vagina. 

Keluhan yang sering dialami perempuan jelang persalinan yakni kontraksi yang berlangsung terlalu lama, hal ini dikarenakan otot-otot yang kaku. Jika dihitung terdapat 40 gerakkan dalam TRX, tapi kamu bisa mencoba beberapa gerakkan untuk dikombinasikan seperti, Squat, Lunges, High Row, TRX Push Up, Knee to Chest dan Core Muscles. Kalau seseru ini, apa kamu masih malas berolahraga?. Apalagi,kalau kamu bosan dengan olahraga senam atau jalan santai, TRX bisa menjadi alternatif pilihan. 

RECOMMENDED FOR YOU