WHAT'S ON
Urusan perbankan lebih terasa aman dan nyaman dengan Voice ID
2018-03-09 08:07:00

Aman dan Nyaman dalam Urusan Perbankan? Gunakan Teknologi Voice ID

BY INDAH WIDIASTUTI

SALIHA.ID - Butuh berapa lama sahabat Saliha berbicara dengan customer service saat kartu kredit atau atm hilang? Semenit? Dua menit? Biasanya lebih dari itu, kan?

Karena dalam percakapan via telepon tersebut, pihak bank mengajukan banyak pertanyaan. Mulai dari tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor kartu dan data yang merepotkan lainnya. Hal ini kadang berakhir dengan gagal verifikasi. Mengingat tingkat cyber crime di Indonesia, gagal verifikasi tentu membuat kita semakin panik sehingga marah kepada petugas CS yang kita ajak bicara.

Padahal pihak bank melakukan hal ini, untuk memastikan kebenaran bahwa penelepon adalah pemilik kartu yang sah, agar keamanan tetap terjaga.

"Salah satu kesulitan dalam memberikan layanan tanpa tatap muka adalah mengidentifikasi seseorang. Namun, bila nasabah ditanyakan terlalu banyak pertanyaan, tentu akan membuat kenyamanan berkurang," jelas Budi Rahardjo, dosen dan ahli keamanan informasi dari ITB yang ditemui di bilangan Jakarta Selatan.

Foto : Indah Widiastuti/ Saliha. Dari kanan ke kiri : Gunawidjaja (Head of Service Quality, OPEX & Contact Center PermataBank), Budi Rahardjo (Praktisi IT dan Ahli Keamanan Informasi), Dion Wiyoko (PermataBank Brand Ambassador)

Menjawab kebutuhan akan kenyamanan dan keamanan nasabah, hadir teknologi baru bernama Voice ID. Teknologi VOICE ID ini memanfaatkan vocal track manusia yang unik. Sama seperti sidik jadi, sidik suara pun memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga akan sulit untuk ditiru. Dan, teknologi ini mampu memangkas proses verifikasi di atas menjadi lebih cepat, hanya butuh 45 detik! 

PermataBank adalah bank pertama di Indonesia yang menghadirkan kenyamanan nasabah lewat teknologi ini. 

“Pada tahun 2017, PermataTel menerima lebih dari 2,3 juta sambung telepon dari nasabah. Hanya 30% yang mampu mengingat data verifikasi yang dibutuhkan. Maka dengan teknologi VOICE ID, tentu call waiting dan verifikasi data nasabah pun menjadi lebih cepat,” jelas Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank.

Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank saat menjelaskan keunggulan dari teknologi Voice ID dalam verifikasi data 

Selain cepat, proses perekaman sidik suara ini dilakukan secara seamless. Di mana perekaman suara dilakukan dalam percakapan normal, tanpa perlu sesi khusus atau kalimat tertentu yang harus di baca berulang oleh nasabah. 

Semakin banyak data suara yang “dipelajari” dari seseorang oleh mesin ini, maka akan memudahkan verifikasi ke depannya. Berdasarkan teori, tingkat keberhasilan verifikasi Voice Biometrik mencapai 99% sama seperti sidik jari.

Voice Biometrik ini menggunakan 50 faktor unik dari suara fisik dan perilaku sahabat Saliha saat berbicara, seperti intonasi, kecepatan, cara pengucapan, aksen, saluran hidung dan lain sebagainya.

Sehingga saat kita mengalami flu, proses balig atau setelah menjalani operasi pita suara misalkan, learning machine yang digunakan masih mampu mengenali suara. 

Jadi kita tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan saat menggunakan layanan sidik suara di PermataBank, ya.

 

RECOMMENDED FOR YOU