WHAT'S ON
kegiatan bbm plus (foto : saliha/media sari)
2018-01-14 19:04:00

Ingin Hapus Tato Gratis? Ikutan Ini Aja

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Hidayah merupakan anugerah terbesar yang Allah SWT berikan kepada umatNya sebagai bekal keselamatan dunia dan akhirat. Inilah yang menuntun langkah Ayudya Khairani untuk menghapus seni rajah tubuh yang telah menyatu dengan dagingnya selama setahun terakhir. Gadis berusia 19 tahun itu telah berupaya untuk menghapus tato dengan sabun berbahan kimia keras. Meski tinta tato itu hilang tapi tindakan tersebut menyisakan bekas seperti luka bakar. 

"Saya sudah coba menghapusnya sekali, pakai sabun apa gitu. Rasanya sakit kayak kena minyak panas gitu, perih. Jadinya luka bakar terus berkoreng. Nyesel, habis itu nggak mau lagi," ujar Ayu sambil menundukkan wajahnya. 

Keinginan untuk berhijrah ini mempertemukan dirinya dengan program BBM (Bersih-Bersih Musola) Plus yang diselenggarakan oleh Bazis DKI dan Kawan Baik, konsultan komunikasi dan penyedia platform zakat. Program yang gelaran perdananya dibantu oleh komunitas NET Good People Jabodetabek pada Minggu, 14 Januari 2018 di musola Pasar Ciplak, Cipinang, Jakarta Timur ini, memberikan layanan gratis penghapusan tato dengan syarat orang yang ingin dihapus tatonya tersebut mau ikut membantu kegiatan bersih-bersih musola. 

"Hapus tato itu kami pilih karena sesuai dengan spirit dan rohnya Kawan Baik. Spiritnya Kawan Baik itu kan, mempermudah dan memberi jalan orang berbuat baik. Dari situ kita tahu, bahwa orang yang selama ini punya tato ternyata banyak juga yang ingin menghapusnya. Namun mereka sering terkendala dengan biaya. Untuk itu Kawan Baik dan Bazis DKI membuat program penghapusan tato gratis, bekerjasama dengan komunitas Tato Hijrah Removal. Mereka akan menerima sekitar 100-120 orang yang kami rekomendasikan untuk dihapus tatonya," jelas Dody Jufiprianto, selaku Direktur Kawan Baik. 

Tinta tato memang tidak bisa hilang secara instan. Butuh sekitar 5 kali tindakan untuk membebaskan kulit dari tinta tato. Sedangkan sekali tindakan memakan biaya ratusan hingga jutaan rupiah. Besarnya biaya itulah yang membuat beberapa orang urung melakukannya seperti yang dirasakan Hanna Fauziyah. 

"Waktu itu mungkin karena pengaruh lingkungan dan teman yang memiliki tato semua, jadinya saya ikut-ikutan. Tapi hasilnya jelek dan lama kelamaan saya menyesal. Terus saya pengen hapus. Lalu saya tanya-tanya ternyata biayanya mahal banget. Jadi saya mending ikut kegiatan ini saja," ungkap perempuan yang memiliki dua tato di punggungnya tersebut.

Tak hanya memberikan layanan hapus tato secara gratis, program yang rencananya akan digelar sebulan sekali ini juga berupaya menjadikan musola yang terdapat di tempat umum sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ). 

"Kadang-kadang jumlah infaq di musola itu dapat menutup kebutuhan, tapi kadang juga tidak. Dengan UPZ ini Bazis DKI menjamin setiap bulan semua kebutuhan musola dan marbotnya akan dipenuhi. Sebagai gantinya semua infaq yang masuk ke musola, dikelola oleh Bazis DKI. Artinya penghasilan musola akan dikembalikan lagi ke musola tersebut," tutur Dody Jufiprianto di sela-sela kegiatan BBM Plus.

Nah, buat kamu yang ingin dihapus tatonya secara gratis, yuk ikutan BBM Plus. Pantengin infonya di media sosial saliha.id dan Kawan Baik ya.

RECOMMENDED FOR YOU