WHAT'S ON
susie armstrong
2017-11-14 17:29:00

Yuk Kenalan dengan Susie Armstrong, Penemu Paket Data Internet di Ponsel

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Kecanggihan teknologi telah menjadikan telepon genggam tak hanya berguna untuk menelepon dan mengirim pesan, melainkan berbagai macam hal seperti browsing, mengirim email, berinteraksi lewat sosial media, melihat peta, berbelanja bahkan melakukan transaksi perbankan. Semua hal ini bisa dilakukan jika smartphone yang kita pakai terhubung dengan koneksi internet melalui wifi atau memiliki paket data internet.

Di balik kemudahan yang kita rasakan ini, mungkin kita harus berterima kasih kepada Susie Armstrong sang penemu paket data internet. Perempuan yang menjabat sebagai Senior Vice President, Government Affairs Qualcomm ini beberapa hari lalu datang ke Jakarta dalam rangka seminar bertajuk "Mendorong Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia" di Hotel Pullman Thamrin, 9 November 2017.

Kepada rekan media, Susie menceritakan bagaimana proses penemuan teknologi yang mengubah dunia tersebut. "Waktu itu, saya bekerja di Qualcomm tak hanya membuat telepon genggam tapi juga membangun base station untuk menerima dan mengirim sinyal. Kemudian anak dari salah satu pendiri Qualcomm yang juga bekerja di perusahaan chip tersebut meminta saya untuk membuat paket data dan koneksi internet dalam waktu singkat. Saya pun menyanggupinya," kenang perempuan berdarah Amerika tersebut.

Tak lama Susie menemukan cara sederhana untuk mengimplementasikan koneksi internet dalam software base station. Meski ia mendapati bahwa base station ternyata lebih rumit dibandingkan dengan telepon seluler itu sendiri. Temuannya itu didemokan dalam waktu sebulan. Kemudian 3 bulan berikutnya ia menunjukkan demo web surfing. 

Namun tantangan tidak berhenti di situ saja, ia harus mencari cara untuk memasukan kode yang telah ditemukan ke dalam base station yang ada seluruh dunia. Beberapa tahun kemudian Susie melakukan tur ke beberapa manufaktur base station untuk membantu mereka mengimplementasikannya. Setahun berikutnya tepatnya pada 1998 paket data temuannya mulai diadopsi dan dikomersialkan oleh Qualcomm.

Melihat teknologi temuannya berkembang sangat pesat Susie mengaku tidak pernah menyangka. "Menakjubkan! Tidak ada yang pernah menyangka akan sejauh ini. Kita hanya tahu betapa asyiknya mengakses internet secara wireless. Tapi tidak ada yang tahu akan ada aplikasi atau sosial media yang dapat berjalan di ponsel. Ini tidak lepas dari inovasi di bidang teknologi yang melahirkan berbagai inovasi," sahutnya.

Sebagai penutup Susie mengajak para perempuan untuk berani berkarir di industri hi tech. Karena menurutnya ini adalah bidang yang sangat keren dan sebagai perempuan, ia tidak pernah mengalami diskriminasi. 

Gimana, kamu tertarik berkarir di industri hi tech?

RECOMMENDED FOR YOU