Dapat menjelaskan sejarah kepramukaan indonesia dan dunia

Dapat menjelaskan sejarah kepramukaan indonesia dan dunia

Jelaskan sejarah kepramukaan dunia dan indonesia

 

Jawaban

Sejarah kepramukaan dunia dan Indonesia tidak lepas dari peran seorang Badden Powel. Berawal dari kegiatan perkemahan yang diadakannya untuk pertama kali bersama 22 anak laki-laki pada tanggal 25 Juli 1907 di Pulau Brownsea, Inggris. Kegiatan yang berlangsung selama 8 hari itu mempunyai peran besar terhadap sejarah Kepramukaan Dunia

 

Pembahasan

Sejarah Kepramukaan Dunia  

Sejarah Pramuka di dunia dimulai ketika Baden Powell membuat buku berjudul Scouting for Boys pada tahun 1908 yang berisi pengalamannya ketika sebagai tentara. Buku itu dibuat sebagai panduan dalam kegiatan perkemahan yang diprakarsainya. Buku itu kemudian populer dan laris tidak hanya di Inggris namun hingga ke negara-negara lain, yang memicu munculnya organisasi-organisasi Pramuka namun masih ditujukan hanya untuk anak laki-laki saja yang dikenal sebagai Boys Scout. Pada tahun 1912, bersama Agnes yang merupakan adik perempuan Baden Powell mendirikan organisasi Pramua untuk wanita dengan nama Girl Guides yang kemudian kegiatannya dilanjutkan oleh istri Baden Powel yang bernama Olave Soames atau yang dikenal sebagai Olave St Clair Baden-Powell.

 

Sejarah Pramuka

Di tahun 1916, didirikanlah organisasi Pramuka untuk anak dengan usia pramuka siaga, yaitu usia 7 hingga 10 tahun. Organisasi Pramuka tersebut kemudian diberi nama sebagai CUB (anak serigala). Di tahun 1918, dibentuklah organisasi kepramukaan untuk kelompok remaja berusia 17 tahun yang diberi nama Rover Scout. Pada tahun 1922, Baden Powell kembali mempublikasikan buku Rouvering to Success (Mengembara Menuju Bahagia). Di mana buku tersebut bercerita tentang seorang pemuda yang sesegera mungkin mengayuh perahu sampannya menuju pantai bahagia.

 

Pada tanggal 30 Juli 1920 hingga tanggal 8 Agustus 1920, sejumlah 800 orang partisipan Pramuka melakukan jambore dunia yang pertama yang berlokasi di Olympis Hall, London. Jambore ini diikuti oleh sekitar 34 negara dan dalam acara tersebut, Baden Powell atas segala usahanya kemudian dinobatkan sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

BACA JUGA  Cara Menabung 1 Juta per Bulan Untuk Anak Sekolah Yang Gampang Dilakukan

 

Pada tahun yang sama pula dibentuklah Dewan Internasional organisasi Pramuka yang beranggotakan 9 orang dengan Kota London sebagai kantor kesekretariatan Pramuka sedunia. Kantor kesekretariatan Pramuka ini kemudian dipindahkan ke Ottawa, Kanada di tahun 1958 dan berpindah lagi ke Geneva, Swiss di tahun 1968.