WHAT'S ON
foto: FB RoSaMiSbah
2018-05-04 14:54:00

Roshni Misbah, Hijabi Biker Yang Melawan Stereotip

BY DEE

SALIHA.ID - Citra seperti apa yang ada di pikiran Sahabat ketika mendengar kata muslimah? Tentu perempuan yang lembut, anggun, dan feminin. Namun ternyata stereotip ini yang ingin dilawan oleh Roshni Misbah, seorang muslimah asal India. Perempuan berkerudung ini sama sekali tidak tertarik untuk tampil manis. Ia memilih untuk mengejar hobi dan cita-citanya, yaitu menjadi seorang biker.

"Motor hanyalah mesin dan tidak membutuhkan maskulinitas untuk menguasainya. Menggunakan hijab adalah pilihan pribadi dan tidak menunjukkan bahwa perempuan yang mengenakannya tertindas, " kata Roshni kepada femina.in

Roshni pertama kali mengendarai motor milik teman ayahnya dan ayahnya sendiri saat masih menjadi pelajar. Ia kemudian menabung agar dapat membeli motor pertamanya. Dengan uang hasil bekerja paruh waktu dan sedikit bantuan ayahnya, Roshni dapat membeli motor pertamanya, Bajaj Avanger 220. Kemudian ia menggantinya ke Royal Enfield 500 hingga akhirnya Honda CBR 250R Repsol sport bike.

"Saya tidak akan mengendarai scooter. Ia (scooter) terlalu ringan dan tidak memiliki kestabilan dan kekuatan yang saya sukai."

Mengenakan hijab sembari mengendarai motor besar bukanlah tanpa tantangan. Keluarga besarnya menentang keputusannya karena menurutnya motor besar bukanlah untuk perempuan dan, "Siapa yang mau menikah dengannya?" kata Roshni kepada Hindustantimes. Namun ayah Roshni membela putrinya dan berkata, "Biarkan dia mengejar mimpinya. Kami percaya padanya."

Roshni mengatakan ia senang bisa melawan stereotip yang ada. "Rasanya menyedihkan perempuan hanya diharapkan untuk memasak, menikah dan punya anak. Padahal perempuan bisa berprestasi di banyak bidang," lanjutnya. 

Dengan hijab yang berpadu dengan sepatu boots tinggi dan backpack, Roshni segera menjadi idola bagi perempuan di kampusnya.

"Banyak yang terinspirasi dan bertanya bagaimana cara mengendarai moge. Saya membuat workshop di mana saya mengajari dasar-dasarnya dan rasanya menyenangkan melihat perempuan dari beragam komunitas, mengendarai moge."

Selain sebagai biker, mahasiswi jurusan Sastra Arab di Jamia Millitia Islamia ini juga cukup terkenal di dunia maya. Ia memiliki 13ribu penggemar di instagram dan 11 ribu di facebook. Ia mengatakan bahwa ia ingin menggunakan popularitasnya untuk tujuan baik.

"Perempuan di seluruh India, bukan hanya di komunitas saya, mengalami diskriminasi. Saya ingin menggunakan popularitas saya untuk mendorong orang agar percaya pada mimpi mereka."

Untuk mendorong ini, Roshni ikut rally dengan organisasi nirlaba seperti Breaktrough dan Khushi..Ek Ehsaas untuk mendorong pendidikan menyelamatkan anak perempuan.

Dari segi profesional,Roshni akan mengikuti seleksi JK Tyre Suzuki Gixxer Cup yang memberikan kesempatan untuk mewakili India pada Red Bull Moto GP ROokies Cup di Spanyol. Meski telah mendapatkan endorsement, Misbah mengakui ia masih membutuhkan sponsor yang serius untuk membantunya berlatih dan bertanding. 

Semoga berhasil ya, Roshni!

RECOMMENDED FOR YOU