WHAT'S ON
2018-04-25 16:56:00

Hafidz on the Street, Bantu Muslim Menghafal Alquran dengan Cepat

BY DEE

SALIHA.ID – Meski Alquran menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan umat Islam, tidak semua orang berkeinginan untuk menghafalkannya. Ini karena masih banyak yang pendapat bahwa menghafalkan Alquran itu berat dan susah. Namun sebenarnya, selalu ada jalan lo kalau kita memang ingin mencari cara untuk menghafal Alquran.

Nah, salah satu gerakan yang mendorong orang untuk menghafal Alquran adalah Hafidz on the Street. Mereka memiliki metode menghafal Alquran yang semudah tersenyum, lo. Hmm, seperti apa ya caranya?

Ditemui di Askar Kauny Cipayung, Saliha.id berbincang-bincang dengan Neida, communication manager Hafidz on the Street (HOTS).

Neida menjelaskan bahwa Hafidz on the Street itu berawal dari keinginan Ustadz Bobby untuk menyebarkan metode menghafal ALquran semudah tersenyum.

“Waktu itu ceritanya di car free day (Jakarta) tahun 2013 atau 2014 sedang ramai isu kristenisasi. Nah momen itu dimanfaatkan untuk mengenalkan cara menghafal Alquran yang semudah tersenyum. Terus langsung kepikiran untuk membuat namanya Hafidz on the Street.”

Saat ditanya apa tujuan HOTS, Neida mengakui bahwa banyak orang yang berpendapat bahwa menghafal Alquran itu susah. HOTS ingin mematahkan mitos tersebut dan meyakinkan orang bahwa menghafal Alquran itu sebenarnya mudah dan bisa di mana saja.

“Nggak harus di pesantren, nggak usah di sekolah misalnya sampai bertahun-tahun gitu. Jadi hafal Quran itu mudah.”

Dari sebuah ide di car free day, HOTS kemudian membuka pendaftaran online melalui Whatsapp. Saat ini setidaknya sudah terdaftar 30.000 member dari 23 negara.

Salah satu kegiatan seminar yang digelar oleh Askar Kauny. Foto:  FB KaunyQuantumMemory

Komunitas ini terus berkembang dengan menyelenggarakan beragam training, event, hingga akhirnya terbentuk Kauny Quranic School. Karena adanya keterbatasan anggota dalam grup whatsapp, maka grup dibagi berdasarkan hapalan surat yang dipilih oleh member tersebut.

“Kalau mbak mau ngapal surat An Naba' misalnya, kita gabungkan dalam dalam grup surat An Naba ahwat. Satu grup kita batasi sampai 50. Karena untuk me-review bacaan membutuhkan waktu yang lama.”

Setiap hari, admin grup tersebut akan membagikan video yang berisikan satu ayat yang berisikan gerakan serta artinya.

Jangan khawatir, member tidak diminta untuk membuat video juga, kok. Gerakan dari admin itu digunakan untuk mempermudah member dalam menghafalkan dan membayangkan arti. Member hanya diminta untuk menghafal dan menyetorkan hafalan tersebut melalui voice note.

Nanti dari admin akan ada mengecek ulang hafalan tersebut. Mudah, kan?

Untuk kenyamanan dan menghindari mudarat, setiap grup berisi perempuan atau laki-laki semua, tidak dicampur.

Selain itu tidak diberi target tahunan bagi member. Hanya saja ada kalau sudah diberi surat, maka surat tersebut wajib dihapalkan hingga tamat.

Untuk meramaikan kegiatan, ada juga lomba menghafal surat sedunia dengan peserta setidaknya 1000 orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk tahun ini akan ada lomba menghafal surat As Sajadah di Masjid At Tin.

Karena satu grup dihuni beragam orang, tentu banyak tantangan yang dihadapi. Salah satunya adalah member yang kehilangan semangat atau motivasi dalam menghafal. Karena itu admin harus memberikan motivasi.

Anggota akan diingatkan bahwa menghafal Alquran merupakan kegiatan yang dicintai Allah. Salah satunya, orang yang menghafal Alquran akan menggunakan jubah dan mahkota kebesaran di akhirat nanti. Ia juga akan memberikan syafa’at bagi kedua orang tuanya. Orangtuanya juga akan mendapatkan kemuliaan bagi mereka yang memiliki anak penghafal Alquran.

Namun pada dasarnya, HOTS adalah gerakan yang berakar pada kesadaran anggota. Jadi pada akhirnya kembali ke anggota masing-masing.

Ternyata, metode ini juga menarik perhatian orang asing seperti di Mesir dan Qatar. Hanya saja saat ini Askar Kauny belum bisa menyediakan konten dalam bahasa asing. Karena itu jika ada orang luar negeri yang tertarik, biasanya mereka hanya mengikuti metodenya saja.

Nah, ternyata tidak sulit kan menghafal Alquran, Sahabat Saliha? Sahabat bisa belajar lebih banyak lagi lho cara menghafal Alquran yang mudah ini pada Seminar Smart Quranic Parenting pada tanggal 28 April 2018 bersama Ustadz Bobby Herwibowo, Lc. Di sini kita bisa mempelaari teknik untuk membuat anak cinta Alquran, cara mengajar tahfzh Alquran 30 juz di rumah hingga cara menghafal Alquran.

Menarik banget, kan? Jangan sampai ketinggalan, ya.

RECOMMENDED FOR YOU