WHAT'S ON
Peluncuran Mal Sadar Zakat dan Amal Sosial (foto : saliha/media sari)
2018-01-03 15:38:00

Main ke Mall? Jangan Lupa Sambil Zakat Dong!

BY MEDIA SARI

SALIHA.ID - Jika biasanya di mall kita berbelanja, makan-makan atau nonton, sekarang kita juga bisa sambil berzakat lo. Yups! Kamu nggak salah dengar sahabat Saliha, karena Thamrin City kini telah diresmikan sebagai mall sadar zakat dan amal sosial pertama di Jakarta.

Gerakan yang diprakarsai oleh Bazis DKI Jakarta ini, berupaya untuk lebih mengoptimalkan pengumpulan zakat, infaq, sedekah (zis) dan amal sosial dari para pemilik UMKM serta masyarakat luas. 

"Ini sebenarnya inovasi baru, bagaimana mengumpulkan zakat bukan hanya dari pegawai tapi juga dari masyarakat dan para pengusaha. Atas dasar itulah kita wujudkan dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang bertempat di Thamrin City," jelas Zahrul Wildan selaku Ketua Bazis DKI Jakarta. 

Dalam peluncuran pada 28 Desember 2017 yang dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengaku senang dengan adanya inovasi tersebut. Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak lupa bersedekah.

"Biasanya kan akhir tahun banyak yang dapat bonus, menikmati liburan dan berbelanja. Untuk itu kita ingatkan alangkah baiknya menyisihkan sebagian dana untuk saudara-saudara kita yang dhuafa atau yang membutuhkan uluran tangan kita. Saya yakin jika diluncurkan pada saat-saat mau lebaran atau akhir tahun seperti ini maka pendapatan Bazis DKI, Insyaallah lebih banyak"

Pendapatan Bazis DKI ini nantinya akan disalurkan ke beberapa program salah satunya adalah Bersih-Bersih Musola (BBM) yang bekerjasama dengan Kawan Baik, konsultan komunikasi dan penyedia platform zakat. 

"Jadi kita akan mengurusi musola-musola yang ada di Thamrin City. Seperti masalah kebersihannya, menyediakan sarung dan mukena serta termasuk membayar honor marbotnya. Itu semua berasal dari dana pengelolaan zakat. Jadi hasil zakat itu dikembalikan lagi kepada mereka," ujar Zahrul Wildan menutup pembicaraan.

RECOMMENDED FOR YOU