WHAT'S ON
2018-05-17 12:58:00

Ide Ngabuburit Agar Puasa Semakin Asik

BY MEDIA SARI

Bosan menunggu waktu berbuka puasa? Ngabuburit aja yuk! Ngabuburit merupakan kegiatan untuk menunggu atau menghabiskan waktu, sampai buka puasa tiba. Istilah yang berasal dari bahasa Sunda ini sangat populer hingga menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat bulan Ramadan. Banyak hal – hal seru yang bisa kamu lakukan bersama teman atau saudara saat ngabuburit. Misalnya beberapa kegiatan di bawah ini.  

Tadarus Alquran

Daripada sibuk ngobrol atau nonton televisi, kamu bisa ngabuburit dengan tadarus Alquran atau mengaji di masjid terdekat. Jika kamu sudah mahir membaca Alquran, tak ada salahnya menularkan ilmumu dengan menjadi guru mengaji. Tak hanya menambah pahala, kamu juga bisa menambah teman baru lo.

Bakti sosial

Ramadan adalah waktunya berlomba – lomba dalam kebaikan. Tak ada salahnya, ngabuburit kamu isi dengan kegiatan sosial seperti bersedekah, berbagi makanan sahur dan berbuka atau mengajarkan ilmu yang kamu kuasai.

Melakukan hobi

Ngabuburit merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hobi yang kamu suka. Jika suka fotografi, kamu bisa merekam momen ramadan dengan kameramu. Kalau kamu suka memasak, cobalah beberapa resep baru untuk menu berbuka. Untuk yang hobi baca, ini saatnya melahap habis semua buku – bukumu di rak.

Berdagang

Ngabuburit juga bisa sembari menambah uang jajan. Kamu bisa ajak saudara dan teman untuk berdagang makanan takjil, kue atau baju lebaran. Jangan malu serta takut nggak laku. Asal halal dan kita terus berikhtiar, Insyaallah rezeki selalu ada. 

Terbukti kan, bahwa ngabuburit itu tak hanya bisa diisi dengan bermalas-malasan. Banyak kegiatan positif yang akan membuat hari – harimu semakin produktif. Selamat menjalankan ibadah puasa, sahabat Saliha. 

RECOMMENDED FOR YOU