WHAT'S ON
Peserta sedang berlatih menulis surah Al Quran sebelum lomba di mulai
2017-10-30 12:26:00

‘Tulis Sendiri Mushafmu’, Bantu Orang Tua Membangun Karakter Anak Sholeh

BY INDAH WIDIASTUTI

SALIHA.ID - Membentuk karakter anak-anak yang sholeh menjadi tugas orang tua yang utama. Orang tua tidak hanya sekedar menyuruh ini-itu kepada anak, namun mampu memberikan contoh nyata di dalam keluarga. Selain itu, memilihkan dan mendukung kegiatan positif untuk buah hati juga menjadi upaya pendukung lainnya. Maka tak heran, para orang tua begitu antusias mengantar buah hatinya mengikuti kegiatan “Tulis Sendiri Mushafmu” di Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari, Daan Mogot, Jakarta.

Seperti Nurjanah, sahabat Saliha yang berdomisili di Penggilingan, Jakarta yang sudah sibuk sejak pukul 04.00 untuk mempersiapkan putrinya mengikuti lomba Tulis Sendiri Mushafmu yang disponsori oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini. Tidak hanya persiapan fisik, faktor mental anak pun turut dipersiapkannya.

“Setiap sholat berjamaah di rumah, saya mendampingi putri saya untuk membaca dan latihan menulis Alquran. Awalnya susah, tapi ya pelan-pelan. Lama-lama akhirnya dia jadi terbiasa. Dan sekarang dia terpilih untuk mewakili kelasnya,” cerita Ibu berusia 30 tahun ini.

Metode Follow The Line membantu anak-anak belajar melalui dua cara , yaitu membaca sekaligus menulis

‘Tulis Sendiri Mushafmu’ mengadopsi metode Follow The Line, sebuah metode belajar Alquran yang menarik. Karena anak melakukan dua cara untuk belajar, membaca sekaligus menuliskan sehingga harapannya tentu akan menjadi lebih mudah mengingat.

Firesta Farizal, M. Psi, Psikolog yang ditemui di kesempatan lain juga menambahkan manfaat dari cara ini untuk membentuk karakter anak.

“Bisa melatih motorik halus pastinya, karena anak-anak latihan untuk koordinasi tangan. Dan ketika mereka mengerjakannya harus duduk dan hati-hati agar tidak berantakan. Nah ini secara tidak langsung melatih anak untuk belajar sabar dan tenang,” jelas konselor sekaligus Direktur Lembaga Konsultasi Mentari Anakku.

Peserta Tulis Sendiri Mushafmu membludak hingga ke selasar masjid

Sekitar pukul 10.00 lomba di mulai, ribuan anak yang sudah memadati aula hingga selasar masjid sibuk menebalkan garis-garis tulisan surah yang ada di buku dengan pensil. Selama satu setengah jam, siswa kelas 5 dan 6 sekolah dasar ini berupaya menyelesaikan minimal sepuluh surah dari 17 halaman yang disediakan. Kecepatan, ketepatan dan kerapihan tulisan menjadi faktor penilaian tim Juri dari Nahdlatul Ulama.

“Harapannya ini bukan sekedar kegiatan di Hari Sumpah Pemuda. Namun juga langkah untuk memberantas buta huruf Alquran dan semoga menumbuhkan karakter anak yang mencintai dan mengamalkan Alquran sejak dini,” ujar KH. Ahmad Zarkasyi Ishaq, selaku Ketua JQHNU DKI Jakarta.

(Kiri ke kanan) : Dody Jufiprianto (Direktur Kawan Baik), KH Lukman Hakim (Pakar Menghafal Al Quran), KH. Ahmad Zarkasyi Ishaq (Ketua JQHNU DKI Jakarta) dan Gus Uki Marzuki (Wasekjen Lesbumi PBNU) di acara Tulis Sendiri Mushafmu yang berlangsung di Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari

Untuk sahabat Saliha yang ingin mengikutsertakan putra-putrinya dalam kegiatan ini tenang saja. Karena selain Jakarta, acara yang diprakarsai oleh Kawan Baik sebuah pengembang aplikasi ZIS berbasis online, beserta Game Anak Sholeh, Nahdlatul Ulama, dan Jam’iyatul Quro Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) juga akan diadakan di provinsi lainnya dalam waktu dekat. 

 

RECOMMENDED FOR YOU