WHAT'S ON
Furniture Cita Rasa Seni, Ekspresi Diri di Bulan Kartini
2018-04-12 18:09:00

Furniture Cita Rasa Seni, Ekspresi Diri di Bulan Kartini

BY DINA LATHIFA

SALIHA.ID - "Berdasarkan riset kami, sebanyak 70% keputusan pembelian dan pemilihan furniture untuk rumah dilakukan oleh perempuan. Ini yang kemudian mendorong kami melakukan program khusus bertajuk #KaryaKitaKartini," ujar Aditya Jamaludin, Chief Marketing Officer Fabelio.com.

Furniture tidak lagi dilihat sebagai sebuah perlengkapan rumah tangga semata, ini menjadi salah satu media untuk mengekspresikan diri, serta mendukung terciptanya hunian yang nyaman untuk keluarga tersayang. Demi menjawab kebutuhan kekinian itu, Aditya menggandeng tiga visual artist perempuan untuk berkolaborasi, menghasilkan sebuah furniture kaya cita rasa seni yang sarat makna.

"Konsepnya adalah dari perempuan dan untuk perempuan. Tiga visual artist yang kami gandeng akan menuangkan ekspresi mereka yang tak terbatas pada furniture kami yang bekerja sebagai 'kanvasnya'," jelas Adit.

Tiga visual artist itu adalah Sheila Rooswitha Putri, Lala Bohang, dan Diela Maharanie. Masing-masing dari mereka akan memilih media yang berbeda, dan melukis sebuah karya seni yang mengandung pesan pemberdayaan untuk perempuan.

Diela Maharanie, Lala Bohang, Aditya Jamaludin, dan Sheila Rooswitha Putri 

"Aku memilih media berupa meja makan, dan akan melukiskan sebuah komik singkat tanpa kata yang menceritakan mimpi seorang anak perempuan," cerita Sheila, "Awalnya mimpi sang anak adalah ingin menjadi seorang putri dan menemukan jodohnya dengan cepat. Namun sang ibu mendorongnya untuk memiliki mimpi mengejar kariernya."

Sedangkan Lala, dengan media yang serupa, memilih melukis sosok perempuan yang canggung di tengah kondisi maraknya berita hoax yang harus dihindari. "Dari karyaku, aku ingin agar perempuan dan masyarakat Indonesia dapat memilah-milih berita dan menjauhi hoax."

Lain dengan Diela, pada furniture sofa, ia akan membuat sebuah lukisan penuh warna dengan makna kalau semua perempuan layak mendapatkan kesempatan yang sama untuk sukses dalam bidang apapun.

"Sebab perempuan memang pantas untuk memilih dan berkembang pada bidang yang mereka minati, perempuan layak mendapatkan kesempatan yang sama seperti laki-laki."

Ketiga perempuan ini akan mulai mengerjakan karya seni mereka pada tanggal 13-15 April 2018, dan akan dipamerkan pada tanggal 30 April 2018. Hasil penjualannya akan disumbangkan ke Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

"Jadi dari perempuan, untuk perempuan, dan kembali pada perempuan," ujar Adit.

RECOMMENDED FOR YOU