WHAT'S ON
2018-03-20 17:36:00

Wow, 10 Atlet Muslimah ini Menginspirasi Dunia

BY TIM EDITOR

SALIHA.ID - Islam menempatkan posisi wanita setara dengan kaum pria dalam hak dan kewajiban. Dalam hadist yang diriwayatkan Ibnu Majah, Imam Ahmad, Abu Daud, dari Aisyah RA: Rasulullah bersabda. “Sesungguhnya kaum perempuan setara dengan kaum laki-laki.”  Al Qur’an menjelaskan soal kedudukan laki-laki tidak lebih tinggi dari wanita, kecuali atas dasar ketakwaannya (QS. Al Hujarat (49): 13).

Jadi wanita mempunyai hak yang sama untuk meraih prestasi baik di bidang pendidikan, sosial maupun olah raga. Yang penting tetap bisa menjaga kodratnya sebagai wanita.

Bicara tentang prestasi olah raga, berikut ini 10 atlet muslimah yang berhasil menginsipirasi dunia dengan prestasinya seperti dikutip dari musliminc.com.

Laila Ali

Nomor pertama dari daftar atlet muslimah berprestasi yang menginspirasi dunia adalah Laila Ali. Ia merupakan putri dari petinju legendaris Muhammad Ali.

Darah tinju sang legendaris ini mengalir ke Laila Ali yang lahir di Amerika Serikat. Laila Ali berhasil mencatat prestasi yang luar biasa, meraih tiga gelar juara tinju dunia. 

Laila Ali. Foto: Kathy Hutchins / Shutterstock.com

Laila Ali memutuskan untuk pensiun dari dunia tinju yang telah membawanya kemenangan sebanyak 33 kali selama karirnya. Kini ia tengah fokus mengembangkan bisnis make up dan kecantikan. 

Hassiba Boulmerka

Posisi kedua dipegang Hassiba Boulmerka dari Aljazair. Ia merupakan atlet muslim kedua yang meraih medali emas nomor lari 1500 meter di Olimpiade Barcelona tahun 1992.  Sebelumnya El Moutawakel  menjadi atlet muslim pertama yang meraih medali emas di nomor lari gawang 400 meter di Olimpiade Los Angeles tahun 1984.

Rania El Wani

Nomor ketiga dalam daftar ini adalah Rania El Wani, atlet renang dari Mesir yang berkompetisi di tiga olimpiade dan berbagai kompetisi di Afrika.  Ia meraih empat medali  di kejuaraan Afrika tahun 1991, 1995, dan 1999, serta Olimpiade Mediterania serta Arab Games pada 1999.

Ruqaya Al Ghasra

Posisi berikutnya adalah Ruqaya Al Ghasra, atlet lari dari Bahrain. Prestasinya adalah meraih medali emas di nomor lari jarak pendek 200 meter di Asia Games 2006 di Doha, Qatar. Ghasra juga meraih medali perunggu di nomor lari 100 meter.

Ruqaya Al Ghasra. Foto: Erik van Leeuwen/Wikipedia

Ghasra juga  mencatat prestasinya dengan meraih medali di kejuaraan Asian Indoor dan Arabian Championships. Ia pernah membuat sejarah saat menjadi atlet hijab pertama pada Olimpiade di Athena, Yunani pada 2004. Ghasra menjadi inspirasi saat namanya tercatat sebagai pembawa bendera pada Olimpiade di Bahrain tahun 2008.

 Kiran Khan

Beralih ke kolam renang, inilah perempuan yang menginspirasi muslimah dunia dengan prestasinya. Ia adalah \ Kiran Khan dari Pakistan. Atlet renang berparas cantik ini membuat bangga negaranya dengan prestasinya di Olimpiade Beijing 2008 dan kejuaraan Asian Games saat dia masih berusia 21 tahun.

Sheikha Latifa Binti Ahmed Al Maktoum

Sheika Maktoum merupakan atlet berkuda dari Dubai, Uni Emirat Arab.  Ia terkenal karena show jumping. Sheikha telah memenangkan banyak medali di kejuaraan berkuda di Uni Emirat Arab. Ia meraih medali perunggu di Asian Games Doha tahun 2006 dan medali perak di Asian Games 2010 di Guangzhou, Cina.

Sheikha Maitha Binti Mohammed Bin Rashin Al Maktoum

Sheikha Maita, atlet karate dan tae kwondo ini merupakan anak dari Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab , Sheikh Mohammed bin Rashin Al Maktoum. Sheikha Maitha pernah meraih prestasi dunia dengan menggondol medali perak pada ajang Asian Games 2006 di Doha.

Nawal El Moutakawel

Nawal menjadi atlet muslimah pertama yang meraih medali emas di Olimpiade Los Angeles untuk nomor lari jarak pendek 400 meter. Ia juga tercatat sebagai wanita muslim pertama yang memegang jabatan di Komite Olimpiade Internasional (International Olympics Committee) dan meraih penghargaan Laureus Achievement Award 2010 atau penghargaan atas kontribusi di dunia olah raga).

Rubab Raza

Rubab menjadi inspirasi kaum muda setelah atlet renang asal Pakistan ini tercatat sebagai atlet termuda pada Olimpiade Athena tahun 2004. Saat itu Rubab yang berlaga di renang gaya bebas 50 meter baru berusia 13 tahun.

Ghada Shouaa

Posisi terakhir dari daftar atlet muslimah yang menginspirasi dunia bernama Ghada Shouaa dari Suriah. Namanya menjadi terkenal setelah menampilannya yang spektakuler dengan meraih  medali emas pada cabang hepathlon (atlet 7  cabang olah raga) pada Olimpiade Atlanta tahun 1996.  Ia juga telah memenangkan berbagai lain di kejuaraan Asia dan dunia.

Artikel ini merupakan kiriman kontributor Setiawan Adiwijaya.

RECOMMENDED FOR YOU