WHAT'S ON
2017-06-21 11:54:00

Mudik Gratis Bersama Sido Muncul

BY MEDIA SARI

Selain ketupat dan opor ayam, lebaran identik pula dengan mudik. Tradisi dimana kaum urban berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. 

Meski angka kecelakaan dalam ritual mudik cukup tinggi dan harga tiket selangit, tetap tak menghentikan langkah para perantau untuk pulang kampung setiap tahun. Pemudik rela berdesak-desakan dan menempuh kemacetan beratus-ratus kilometer demi kembali ke tanah kelahiran. 

Seperti Ngatinem, penjual jamu gendong di kawasan jembatan Lima, Jakarta ini rutin mudik ke Yogyakarta. Untuk menghemat pengeluaran, perempuan paruh baya ini mensiasatinya dengan ikut acara Mudik Gratis bersama Sido Muncul.

Program tahunan yang telah diselenggarakan sejak 1991 ini rutin memberangkatkan pemudik yang berasal dari kalangan masyarakat bawah seperti penjual jamu, pedagang asongan, asisten rumah tangga dan buruh pabrik. Tercatat hingga tahun 2017, kurang lebih sebanyak 332.400 orang telah mudik secara gratis lewat kegiatan corporate social responsibility dari  PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk ini. 

“Senang sekali rasanya ikut Mudik Gratis Sido Muncul. Saya bisa mudik bersama teman-teman dan berkumpul dengan keluarga di kampung. Saya merasa sangat terbantu karena kegiatan ini dapat menghemat ongkos perjalanan.” sahut Ngatinem dengan raut wajah gembira sembari sesekali mengibarkan bendera Indonesia mini di tangannya. 

Selain meringankan beban ekonomi para pemudik, Tina Talisa sebagai brand ambassador Tolak Angin, salah satu produk Sido Muncul, juga menambahkan bahwa kegiatan ini berdampak positif antara lain lebih aman, nyaman dan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas. Karena jika biasanya pemudik berangkat menggunakan sepeda motor kali ini diberangkatkan dengan bis, lebih dahulu dari puncak arus mudik.

Tak sekedar pulang ke kampung halaman, mudik juga bisa menjalin benang silaturahmi dan menebalkan rasa persaudaraan dengan sesama. Selamat mudik! 

RECOMMENDED FOR YOU
;